nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadul, Tapi Tidur Pakai Kelambu Ampuh Cegah Nyamuk Aedes Aegypti

Abdul Razak, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 14:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 29 481 2010875 jadul-tapi-tidur-pakai-kelambu-ampuh-cegah-nyamuk-aedes-aegypti-jnqTuI5YJ9.jpg Cegah nyamuk aedes aegypti (Foto:Ist)

PENYAKIT demam berdarah adalah penyakit yang sangat sering mengancam Anda. Penyakit demam berdarah, tidak memandang umur atau golongan, yang berarti siapapun bisa terkena penyakit mematikan ini. Penyebab utama demam berderah adalah nyamuk Aedes Aegypti. Ternyata nyamuk ini dapat membawa virus yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah pada diri Anda.

Ditambah lagi saat ini, Indonesia tengah memasuki musim hujan, membuat nyamuk lebih mudah berkembang biak. Untuk itu, Anda harus bisa mencegah agar terhindar dari nyamuk tersebut dan semaksimal mungkin nyamuk tidak masuk ke rumah Anda. Di kutip dari berbagai sumber, Okezone telah merangkum beberapa tips agar nyamuk Aedes Aegypti tidak masuk ke rumah Anda.

Baca Juga:

 Penyebab Kematian Pegowes yang Santap Durian Usai Olahraga

 Selingkuhan Pengantin Pria Datang ke Pesta Pernikahan, Videonya Heboh dan Viral

1. Membersihkan rumah

Nyamuk sangat suka dan bersarang di tempat yang kotor alias tidak bersih. Sangat penting kesadaran Anda untuk tidak membiarkan rumah kotor dan lembab, khususnya bak mandi atau vas bunga yang berisi air atau genangan air, dengan cara membersihkannya Anda dapat mengurangi dan terhindar dari nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan demam berdarah.

2. Jangan membiarkan baju kotor menumpuk

Jangan pernah menumpuk atau menggantung baju-baju kotor di rumah, karena nyamuk sangat suka bersembunyi di balik baju-baju kotor tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tidak menumpuk dan menggantung baju kotor di rumah demi terhindar dari penyakit demam berdarah.

3. Perbanyak sirkulasi udara

Sirkulasi udara sangat penting ada di rumah. Karena untuk mengganti udara di dalam rumah dan demi mendapat cahaya maksimal dari luar ruangan. Maka dari itu, Anda harus membuka jendela rumah Anda setiap hari agar udara di dalam berganti dengan udara di luar.

4. Menggunakan kelambu

Ada baiknya bila Anda menggunakan kelambu sebagai pelindung nyamuk untuk tidak masuk ke dalam rumah. Anda bisa memasang kelambu di jendela atau di kasur, demi terhindar dari gigitan si nyamuk Aedes Aegypti. Harga kelambu yang tak mahal tetapi manfaat dari kelambu sangat luar biasa!

5. Miliki tanaman anti nyamuk

Tanaman-tanaman anti nyamuk sangat banyak dan dapat Anda temukan dimana-mana, seperti lavender, geranium, dan zodia. Tanaman-tanaman tersebut bisa diletakkan di dekat pintu masuk atau jendela rumah Anda. Dengan begitu, nyamuk tidak akan berani masuk dan keluarga terlindungi dari serangan demam berdarah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini