nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batasi Makan Durian 3 Butir Sehari, Ini Alasannya!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 15:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 29 481 2010905 batasi-makan-durian-3-butir-sehari-ini-alasannya-6CbFJvhfeo.jfif Ilustrasi durian (Foto: Dewi/Okezone)

Kabar meninggalnya pesepeda pasca menyantap durian tengah menyita perhatian masyarakat Indonesia. Meski belum diketahui secara pasti kebenaran berita tersebut, namun seorang dokter jantung mengungkapkan bahwa durian sebetulnya termasuk jenis buah yang aman untuk dikonsumi jika tidak berlebihan.

Dalam arti lain, baik buruknya atau batasan mengonsumsi durian harus disesuaikan dengan kandungan kalori dan kemampuan tubuh.

“Durian itu rata-rata satu buah saja sudah memenuhi setengah dari kebutuhan kalori harian kita. Jadi tiga butir saja cukup. Tapi ya pasti banyak yang enggak sanggup kalau cuma makan tiga butir kalau enak kan?,” ungkap Dokter Jantung Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA dari Siloam Hospital, saat dihubungi Okezone, Senin 28 Januari 2019.

 Baca Juga: Jadul, Tapi Tidur Pakai Kelambu Ampuh Cegah Nyamuk Aedes Aegypti

Nah, untuk mengakali agar seseorang tidak kalap menyantap durian ada beberap trik ampuh yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menyantap buah tropis itu beramai-ramai bersama teman atau anggota keluarga. Dengan demikian, porsi yang akan disantap pun semakin terbatas.

“Jadi triknya. beli jangan banyak-banyak dan ajak teman ikut makan. Nanti pasti jadinya kebagian paling banyak cuma tiga butir,” tegas Vito.

Baca Juga: Kanker Bisa Dideteksi dari Lidah, Caranya?

Namun, perlu diingat bahwa memang ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang atau sehabis olahraga. Pasalnya, saat berolahraga, tubuh membutuhkan energi instan yang terpusat pada otot, bukan untuk mencerna makanan.

“Jangan konsumsi makanan berat seperti gandum, nasi merah, dan serat seperti sayuran hijau. Makanan tersebut memang masuk kategori makanan sehat, tapi cenderung lama dicerna oleh usus dan tubuh,” pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini