nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usir Nyamuk di Rumah Tanpa Biaya, Bagaimana Caranya?

Pisca Azalea, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 16:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 29 481 2010915 usir-nyamuk-di-rumah-tanpa-biaya-bagaimana-caranya-rflGBNr6F9.jpg Nyamuk DBD (Foto: Ist)

AKHIR-AKHIR ini beberapa wilayah di Indonesia di guyur hujan. Saat musim hujan begini, penyakit yang biasa mengintai adalah penyakit demam berdarah (DBD). Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat mulai melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit ini.

Sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan di dalam dan di luar rumah Anda untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk dan berharap kasus-kasus demam berdarah tak lagi terjadi. Sebagaimana okezone rangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tindakan pencegahan untuk melindungi rumah Anda dari nyamuk-nyamuk penyebab demam berdarah.

Baca juga :

Membuang air yang menggenang

Untuk menghilangkan nyamuk, singkirkan seluruh habitat pembiakannya seperti air yang tergenang. Buang sumber-sumber semacam itu dengan memeriksa bawah lemari es, baskom cuci piring, dan rak-rak untuk tempat pengembangbiakan nyamuk. Tutup tempat-tempat itu agar tidak menjadi genangan air.

Pasang kelambu atau tirai anti nyamuk di jendela dan pintu rumah

Mencegah nyamuk masuk kerumah tidak selalu menutup semua jendela dan pintu rumah. Anda masih tetap bisa membiarkan angin dan udara sejuk masuk tetapi tidak dengan nyamuknya dengan menggunakan tirai atau kelambu ini untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah Anda.

Gunakan kapur barus

Cara lain untuk mengusir nyamuk yakni dengan menggunakan kapur barus atau biasa disebut dengan kamper. Kamper ini mudah dibeli dan tersedia di pasar, kamper juga sering digunakan untuk menyingkirkan berbagai jenis serangga dan hama. Dalam hal mengusir nyamuk, gunakan beberapa bola kapur barus dalam ruang tertutup dan biarkan selama 15 menit hingga setengah jam. Ketika Anda kembali ke kamar, Anda akan menemukan bahwa nyamuk sudah pergi.

Gunakan bawang putih

Siapa sangka bahan dapur yang satu ini bisa untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah lho.Ya, bawang putih benar-benar bahan yang luar biasa yang tidak hanya digunakan untuk membuat makanan enak, tetapi juga bisa mengatasi nyamuk karena memiliki aroma yang sangat kuat dan menyengat.

Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, Anda bisa dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih dan rebus selama beberapa saat, lalu tuangkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan rebusan bawang putih ini di sekitar ruangan yang Anda rasa ada nyamuk.

Menanam tanaman kemangi

Tak hanya bawang putih ternyata, tanaman kemangi yang sering dijadikan lalapan saat makan ini juga bisa mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Tanaman ini memiliki sifat yang mencegah mereka memasuki rumah Anda.

Karena itu, jika melihat bagian tertentu dari rumah yang diserang oleh makhluk-makhluk ini, maka segera tanam tanaman kemangi di sana, atau lebih tepatnya tempatkan pot tanaman kemangi di sana, akan lebih baik jika Anda menanamnya di kebun dan dekat pintu masuk rumah untuk mencegah nyamuk dan mengusir mereka.

Menggunakan bubuk kopi

Bubuk kopi juga dapat membantu mencegah rumah terhindar dari serbuan nyamuk. Anda hanya pelu menaburkan bubuk kopi ini di mana pun tempat yang terdapat nyamuk di rumah, bisa juga dengan menaburkan bubuk kopi ini di tempat genangan air yang ada di rumah Anda. Ini tidak hanya membantu mengusir nyamuk tetapi juga membantu membunuh telur nyamuk sebelum mereka menetas.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini