Ciri-Ciri Nyamuk Penyebab Demam Berdarah yang Patut Diwaspadai

Abdul Razak, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 29 481 2010997 ciri-ciri-nyamuk-penyebab-demam-berdarah-yang-patut-diwaspadai-HhHss0WlRk.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DEMAM berdarah masih menjadi penyakit yang selalu menghantui masyarakat, karena penyakitnya yang tak mengenal usia. Penyakit demam berdarah masih banyak ditemui di lingkungan Anda. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh Anda. Virus tersebut disalurkan melalui nyamuk yang bernama Aedes aegypti.

Oleh sebab itu Anda harus tahu dengan ciri-ciri nyamuk yang dapat menyebabkan Anda demam berdarah. Diolah dari berbagai sumber, inilah beberapa ciri nyamuk demam berdarah yang patut diwaspadai:

1. Warna dan bentuk tubuh

Nyamuk demam berdarah sangat mudah dikenalinya. Bila Anda menemukan nyamuk berukuran kecil dan berwarna hitam dengan belang (loreng) putih di seluruh tubuh, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah seekor nyamuk demam berdarah. Dengan mengenali nyamuk tersebut bisa mencegah Anda terhindar dari sengatannya.

 Baca Juga: Fogging Saja Belum Cukup, Lakukan Ini untuk Berantas Nyamuk Aedes Aygepti

 

2. Mengetahui sarang telurnya

Nyamuk Aedes aegypti termasuk jenis pemukiman, yang berarti menyukai tempat atau wadah penampungan air untuk meletakkan sel-sel telurnya. Nyamuk Aedes aegypti biasanya berkembang biak di bak mandi, ember, vas bunga, dan sebagainya. Oleh karena itu Anda harus rajin membersihkan area rumah Anda demi terhindar dari telur sang nyamuk.

 Baca Juga: Bukan Tukang Ikan Biasa, Caranya Memotong Tingkat Dewa!

3. Mengetahui jenis jentik nyamuk demam berdarah

Tidak hanya mengetahui ciri-ciri jenis nyamuknya, Anda juga harus tau jenis jentik nyamuknya yang merupakan jentik nyamuk demam berdarah. Anda harus bisa mengecek bak mandi atau tempat penampungan lainnya yang memperlihatkan jentik. Biasannya jentik nyamuk demam berdarah bergerak aktif dari bawah ke atas permukaan air secara terus-menerus. Bila Anda melihatnya, lebih baik untuk membersihkan genangan itu.

 

4. Waktu aktif nyamuk

Nyamuk demam berdarah berbeda dari nyamuk pada umumnya. Nyamuk ini biasanya suka mencari mangsa di pagi hari sebelum terbitnya sang surya. Tidak hanya pagi hari, nyamuk demam berdarah juga beraktivitas pada sore hari. Jika di rumah Anda banyak nyamuk yang berkeliaran pada waktu tersebut, maka dapat dipastikan itu adalah nyamuk demam berdarah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini