nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Makanan yang Bisa Membantu Terhindar dari DBD

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 22:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 29 481 2011037 6-makanan-yang-bisa-membantu-terhindar-dari-dbd-clKYp8iPD7.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT demam berdarah dengue (DBD) sudah mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia, mengingat sekarang ini adalah puncak musim hujan. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti ini memang tidak bisa dianggap sepele. Terlebih sudah ada korban jiwa karena terserang penyakit ini.

Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut. Selain melakukan gerakan 3 M (menguras, menutup, dan mengubur) dan fogging, ketahanan fisik juga perlu diperhatikan, jangan sampai daya tahan tubuh menurun. Sebab bila daya tahan menurun, maka tubuh akan lebih mudah terinfeksi penyakit.

Menjaga daya tahan tubuh bisa melalui olahraga atau konsumsi makanan tertentu. Okezone telah merangkum makanan-makanan yang bisa membantu menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Healthline, Selasa (29/1/2019) :

 Baca Juga: Fogging Saja Belum Cukup, Lakukan Ini untuk Berantas Nyamuk Aedes Aygepti

1. Jeruk

 

Vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh karena meningkatkan produksi sel darah putih. Hal itulah yang menjadi kunci untuk memerangi infeksi. Vitamin C banyak ditemui dalam buah-buahan seperti jeruk. Hampir semua jenis jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi.

2. Brokoli

 

Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A, C, dan E, serta banyaknya antioksidan dan serat lain pada brokoli dapat membantu menjaga sistem daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari sayuran ini, usahakan memasaknya dengan singkat.

 Baca Juga: Usir Nyamuk di Rumah Tanpa Biaya, Bagaimana Caranya?

3. Bawang putih

 

Sering disertakan sebagai bumbu masak, bawang putih dapat membantu tubuh untuk memerangi infeksi. Kandungan senyawa berkonsentrasi tinggi yang mengandung belerang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

4. Bayam

 

Selain ditemukan pada buah-buahan, vitamin C juga ada pada sayur seperti bayam. Pada bayam, kandungan yang ada bukan hanya vitamin C. Masih ada sejumlah antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita.

5. Pepaya

 

Buah lain yang mengandung vitamin C adalah pepaya. Sebanyak 224% kebutuhan vitamin C harian ada di buah satu ini. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Selain itu, masih ada kandungan lain seperti kalium, vitamin B, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

6. Kiwi

 

Seperti halnya pepaya, kiwi secara alami mengandung banyak nutrisi seperti folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga agar seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini