nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Jaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja yang Sulit

Yosua Tobing, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 30 196 2011620 5-cara-jaga-kesehatan-mental-di-lingkungan-kerja-yang-sulit-zXYAoiG8eW.jpg Ilustrasi (Foto: Butterflytherapies)

MASALAH mental bisa memengaruhi banyak orang, terutama di tempat kerja. Meskipun kita mungkin tidak menyadari dampak negatif yang ditimbulkan dari lingkungan kerja terhadap diri sendiri.

Jika Anda berada di lingkungan kerja yang tidak terlalu serius terhadap kesehatan mental, atau lingkungan yang tidak menekankan pentingnya keseimbangan kerja dan kehidupan, berbagai hal bisa menjadi semakin rumit. Meskipun mungkin sulit, belajar mengadvokasi kesehatan mental Anda sangat penting untuk menjaga diri sendiri.

Dilansir dari Bustle, Rabu (30/1/2019), berikut adalah tujuh cara Anda dapat mempertahankan kesehatan mental Anda dalam lingkungan kerja yang sulit, menurut para ahli.

1. Buat kesadaran

Menciptakan kesadaran merupakan salah satu hal penting untuk menghadapi lingkungan kerja yang sulit.

"Mulailah dengan berbicara dengan manajer Anda tentang keseimbangan kehidupan kerja dan bagaimana pengaruhnya terhadap Anda dan tim Anda," ujar Jenn DeWall , pelatih kehidupan dan karier milenial.

"Ketika Anda datang dengan solusi, itu akan dianggap lebih serius, jika tidak, Anda berisiko terdengar seperti mengeluh,” kata DeWall.

 Baca Juga: Viral Video Dian Sastro Merem Melek, Bikin Heboh Warganet

2. Ungkapkan seberapa nyaman Anda

Jika Anda gugup mendekati atasan Anda, semangati diri Anda bahwa itu untuk diri Anda sediri.

"Mengungkap diri sendiri sebanyak yang Anda rasa nyaman ," Kiaundra Jackson, LMFT, penulis buku Staying Sane in an Insane World.

3. Jelaskan pola kerja yang dapat bermanfaat bagi perusahaan

Bahkan jika Anda berurusan dengan masalah kesehatan mental karena lingkungan tempat Anda berada, Anda juga harus tahu bahwa Anda tidak sendirian dan harus mengatasinya.

"Banyak manajer tidak sadar atau takut untuk berbicara tentang keseimbangan kehidupan kerja karena takut kelihatannya mereka tidak memiliki segalanya bersama-sama," kata DeWall.

"Bersikaplah terbuka dan bicarakan itu sebagai urusan total perusahaan, tidak eksklusif untukmu," lanjutnya.

 Baca Juga: 5 OOTD Street Style ala Aqsa Aswar saat Liburan di Amerika

4. Jangan takut belajar dari kesalahan

Meskipun Anda mungkin mengadvokasi semua orang di perusahaan, jangan takut untuk menggunakan diri Anda sebagai contoh.

"Ketika berbicara dengan atasan Anda tentang kesehatan mental Anda, dalam kebanyakan kasus Anda tidak perlu mengungkapkan kondisi kesehatan mental Anda, tetapi masalah kesehatan umum yang mungkin memerlukan beberapa ketentuan untuk Anda," kata ilmuwan perilaku dan pelatih hubungan Clarissa Silva.

5. Didik atasan Anda

"Mendidik atasan Anda tentang manfaat kegiatan mindfulness dan bagaimana itu bertepatan dengan produktivitas dan keseimbangan kehidupan kerja," kata DeWall.

"Ada banyak data di luar sana dari organisasi terkemuka yang menciptakan budaya yang fokus pada perhatian dan keseimbangan kehidupan kerja berdasarkan penelitian," lanjutnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini