nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat Moms, Ini Bahaya Kasih Makan Anak Lebih dari 30 Menit!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 30 481 2011405 catat-moms-ini-bahaya-kasih-makan-anak-lebih-dari-30-menit-ZWUb3RzeDX.jpg Jangan biarkan anak makan terlalu lama (Foto: Babycentre)

Anak kecil biasanya bermasalah dengan makan. Makanya, kini muncul #GerakanTutupMulut yang menjadi masalah orangtua tentang kebiasaan makan anak ini.

Selain malas makan karena inginnya main terus, biasanya anak-anak juga mengalami masalah picky eater atau mereka memilih kelompok makanan tertentu. Kalau sudah begini, yang repot tentu orangtua. Terutama bicara mengenai gizi.

Nah, kalau pun si anak mau makan, paling makanan yang dia habiskan tak banyak dan perlu waktu lama untuk bisa habis. Pertanyaannya di sini, apakah benar persepi; tidak masalah waktu makan lama, asal si anak makan?

Menjawab persepsi tersebut, Dokter Spesialis Anak Konsultan Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) menjelaskan bahwa itu salah. Tidak benar kalau Anda sebagai orangtua membiarkan anak makan terlalu lama.

"Kalau anak makan terlalu lama, selain nanti rasa makanannya nggak enak, makanan yang terlalu lama didiamkan di mulut si anak itu akan memicu masalah karies gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya," terangnya saat diwawancarai Okezone di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 29 Januari 2019.

anak makan sayur

dr Conny menjelaskan bahwa idealnya, anak diberi waktu makan itu 15 menit tapi maksimal 30 menit. Kalau dalam waktu itu makanan masih ada, jangan diberikan lagi ke si anak. Ini bertujuan agar proses pengolahan makanan di dalam perutnya berjalan lancar.

"Nah, kalau 15 menit dirasa sebentar dan belum banyak makan, Anda jangan sekali-kali kasih camilan juga ke si anak. Kalau si anak masih lapar, dia biasanya akan bilang," paparnya.

Kalau pun si anak bilang masih lapar, yang bisa dilakukan orangtua adalah memberinya minum air putih yang cukup. Lalu, persepsi mengenai; Kalau makannya kurang, nanti si anak masuk angin?

"Faktanya itu salah! Pernyataan itu pada kenyataannya tidak benar. Si anak tidak akan masuk angin jika dalam waktu 15 sampai 30 menit makanannya belum habis dan orangtua menyudahi momen makannya," tegasnya.

dr Conny menambahkan, jangan ragu untuk mengajarkan si anak disiplin soal jam makan. Kalau memang makanan itu tidak habis dalam waktu setengah jam, jangan dipaksakan tetap dimakan. Sebab, masalah di mulutnya yang akan terjadi dan tubuh si anak akan terganggu jam makannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini