Biar Enggak Loyo Seharian, Ini Asupan Penting untuk Milenial

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 30 481 2011622 biar-enggak-loyo-seharian-ini-asupan-penting-untuk-milenial-s5ztLf3OUZ.jpg Asupan penting bagi mileniar biar tetap aktif dan berenergi (Foto: Health)

GENERASI muda di usia produktif yaitu 20-35 adalah sosok yang terbilang sangat aktif dan memiliki segudang aktivitas. Padatnya rutinitas membuat mereka harus tetap menjaga kesehatan agar semua pekerjaan dapat teratasi dengan baik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah memastikan tubuh menerima asupan nutrisi dalam jumlah cukup. Dengan begitu, tubuh tetap berenergi saat melakukan aktivitas.

"Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan aktivitas. Supaya bisa menjaga tubuh tetap berenergi yang perlu diperhatikan asupan serat," ujar dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK saat ditemui Okezone dalam acara peluncuran Good To Go, Rabu (30/1/2019), di Jakarta.

BACA JUGA : Youtuber China yang Suka Berkata Kasar, Sekali Upload Bayarannya Rp49 Miliar!

Dijelaskan dokter spesialis gizi klinik itu, serat membuat kandungan gula pada karbohidrat sebagai sumber energi dikeluarkan oleh tubuh secara perlahan. Hal ini membuat perut terasa kenyang lebih lama dan tubuh berenergi. Oleh karenanya, usahakan untuk makan dengan pola diet seimbang. Selain itu, pilih karbohidrat yang mengandung serat.

 

"Ada karbohidrat yang berserat seperti beras merah, oat, malt, dan gandum. Jenis karbohidrat ini kandungan nutrisinya lebih tinggi dari yang lain karena ada serat juga", tambah dr Juwalita.

Selain karbohidrat, untuk menunjang aktivitas sehari-hari juga diperlukan asupan protein yang cukup. Protein berfungsi sebagai zat pembangun, menyusun otot, memproduksi hormon, dan untuk enzim pncernaan. Rata-rata orang membutuhkan 2-4 porsi protein setiap harinya atau 40 gram.

 BACA JUGA : Syarat dan Cara agar Korban Kecelakaan Bisa Langsung Pakai BPJS Kesehatan

Sementara itu, dr Juwalita juga menyarankan apabila generasi muda tidak sempat menyiapkan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, bisa dengan cara mengonsumsi susu multisereal. Susu multisereal biasanya tak cuma mengandung kalsium, tapi juga vitamin B1, B2, B3 dan B6 serta mineral seperti fosfor . Kandungan itu menunjang tubuh untuk menghasilkan energi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini