nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Salah Pilih Warna Cat, Ikuti 4 Triknya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 31 196 2011915 hati-hati-salah-pilih-warna-cat-ikuti-4-triknya-Lc0e61uq2g.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang tentu ingin rumah yang ditinggalinya terlihat indah. Salah satu cara untuk membuat rumah menarik untuk dipandang adalah mengecat dengan warna-warna tertentu. Tak hanya di bagian luar, dinding di dalam rumah juga membutuhkan warna dari cat untuk menciptakan kesan nyaman.

Akan tetapi, pemilihan warna cat tak selamanya tepat. Terkadang ada saat di mana pemilik rumah merasa warna cat yang dipilih untuk ruangan tertentu salah.

Guna menghindari hal-hal seperti ini, pemilihan warna pada dinding memang harus dilakukan dengan hati-hati. Selain itu, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kesalahan.

Baca Juga: Gemasnya Baby Danillo Anak Bella Shofie, Bajunya Stylish nan Mahal

"Dalam satu ruangan ada 4 sisi dinding. Biasanya 1 dinding memiliki jendela, cahaya alami, atau pintu. Berhati-hatilah kala mengecat dinding, kalau bisa ambil sisi yang berlawanan dengan jendela atau pintu," ungkap desainer interior, Diana Nazir saat ditemui Okezone.

Diana menjelaskan, pemilik rumah sebaiknya mengecat satu sisi dinding terlebih dahulu, kemudian lihat warna yang dipilih sesuai atau tidak dengan keinginan. Jangan lupa untuk memerhatikan penerangan, entah itu dari cahaya alami (matahari) di siang hari maupun cahaya buatan seperti lampu, sebab penerangan turut memengaruhi pengaplikasian warna pada dinding.

"Kita harus mengecek apakah warna cocok di siang hari atau saat lampu dinyalakan. Jadi enggak boleh salah pilih lampu juga, bukan hanya cat saja," tambah Diana.

Baca Juga: Viral Video Dian Sastro Merem Melek, Bikin Heboh Warganet

Selain itu, pemilik rumah harus menganalisa ruangan terlebih dahulu sebelum mengecat dinding. Apabila ruangan cenderung gelap karena tidak mendapatkan banyak cahaya, hindari pemilihan warna-warna cerah atau yang menyilaukan mata. "Tapi bisa juga tetap dipilih. Hanya saja pengaplikasiannya ambil sedikit, misal di bagian bawah atau satu sisi," tutur Diana.

Usahakan untuk memilih maksimal 2 warna cat dalam satu ruangan apabila ingin kombinasi. Pada ruang-ruang pribadi seperti kamar atau ruang kerja, pilihlah warna cat yang sesuai dengan kesukaan. Sebab, pemilihan warna cat kembali lagi pada kepribadian pemilik rumah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini