nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Pakai Baju Seksi Dianggap Nakal dan Tidak Berpendidikan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 04:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 31 196 2012000 perempuan-pakai-baju-seksi-dianggap-nakal-dan-tidak-berpendidikan-JVxxx86JOF.jpg Pakai baju seksi dianggap tidak berpendidikan (Foto: Nypost)

Sebagian perempuan percaya kalau penampilan yang maksimal akan menentukan bagaimana kepercayaan diri terbangun. Semakin Anda percaya diri, maka aura positif Anda pun akan terpancar.

Untuk bisa tampil percaya diri, tak jarang perempuan memilih mengenakan pakaian seksi, terlebih saat menghadiri party. Seksi di sini juga tak melulu terbuka sana-sini. Sekadar menonjolkan lekukan tubuh dan pembawaan yang seksi pun termasuk dalam kategori seksi. Tapi, siapa sangka kalau perempuan yang menggunakan pakaian seksi kerap dinilai tidak berpendidikan!

Ya, pernyataan ini terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan University of Survey di Guildford Inggris. Penelitian tersebut menjelaskan, wanita yang menggunakan pakaian terbuka sampai memperlihatkan kulit tubuhnya saat momen kelulusan dianggap melakukan banyak hal buruk di sekolah daripada teman sekelas mereka yang tampil lebih sederhana.

Persepsi ini semakin kuat dengan adanya fokus penilaian berupa seberapa pendek rok Anda atau seberapa rendah garis leher Anda, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychology itu.

Lebih lanjut, para psikolog sosial fokus pada kelulusan perguruan tinggi di Italia dengan peserta studi mengamati 24 foto wanita yang baru saja mendapatkan gelar sarjana. Setengah dari mereka yang lulus berpakaian business-casual jacket dan celana panjang, sementara itu setengah lainnya memakai pakaian dengan aksen leher super rendah, sepatu hak tinggi, dan gaun atau rok.

pakai baju seksi

Ketika responden menilai seberapa baik yang dilakukan para wanita di sekolah, mereka yang menilai, perempuan yang berpakaian sopan atau tidak memperlihatkan kulit tubuhnya mendapat nilai lebih tinggi.

"[Bahkan] mahasiswa top yang memutuskan untuk mengenakan gaun pendek untuk kelulusannya dianggap kurang baik daripada yang lain yang memilih untuk memakai celana panjang dan jaket," kata Fabio Fasoli, seorang profesor psikologi sosial di University of Surrey.

Para peneliti juga meminta 573 peserta melihat foto-foto 37 siswa perempuan dalam pakaian kerja yang sesuai secara tradisional dan peningkatan yang lebih ketat dan kemudian menilai peluang mereka untuk kesuksesan karier di masa depan.

Mereka yang disurvei, termasuk banyak siswa perempuan, sekali lagi menganggap perempuan berpakaian yang lebih "profesional" memiliki peluang terbaik untuk sukses dalam karier.

"Seringkali pandangan mengenai cara Anda berpakaian adalah cerminan kepribadian Anda," kata Fasoli. "Ini mungkin tidak berlaku secara general pada semua wanita. Tapi persepsi mengenai pakaian menunjukan bagaimana kepribadian Anda masih diamini banyak orang di seluruh dunia. Padahal, ya, tidak bisa juga kemudian bagaimana Anda berpenampilan menentukan kecerdasan dan perilaku Anda," tambah Fasoli.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini