nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Pertanda Seseorang Ingin Bunuh Diri, Nomor 5 Paling Bahaya!

Abdul Razak, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 06:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 31 196 2012007 ini-5-pertanda-seseorang-ingin-bunuh-diri-nomor-5-paling-bahaya-pFzWZPRTwQ.jpg Tanda-Tanda Bunuh Diri (Foto: The Epoch Times)

TIDAK ada yang lebih memilukan daripada mengetahui orang yang Anda cintai merasa bahwa kematian satu-satunya cara untuk menyelesaikan kesulitan dalam hidup. Orang yang bunuh diri biasanya mengalami proses mental yang kacau. Sebenarnya, bunuh diri bukan tentang kematian yang benar-benar diinginkan, tetapi tentang depresi yang begitu parah sehingga muncul ide untuk melepaskan diri dari sakit tersebut.

Melansir dari Thepochtimes, Jumat (1/2/2019) cara terbaik untuk membantu orang yang dicintai berisiko bunuh diri dengan yaitu, membantu, memantau dan mencari bantuan profesional. Namun, menurut American Psychiatric Association, ada banyak gejala psikiatris yang mengindikasikan risiko bunuh diri. Berikut adalah 5 tanda-tanda kemungkinan bunuh diri yang harus Anda ketahui!

Baca juga:

1. Perilaku yang merugikan diri sendiri

Salah satu tanda peringatan yang paling jelas ketika seseorang sedang berjuang dengan pikiran untuk bunuh diri, yaitu dengan melukai dirinya sendiri. Biasanya orang-orang depresi berat memilih melukai tubuhnya dengan berbagai tindakan. Anda harus perduli dan terus memperhatikan keluarga atau orang yang Anda cintai itu, soalnya mereka suka menyembunyikan diri saat ingin melukai tubuhnya.

2. Sikap anti-sosial

Ketika orang yang dicintai berencana bunuh diri, mereka sering berhenti menghabiskan waktu bersama orang lain. Itu mungkin karena kelelahan yang disebabkan depresinya, tetapi juga bisa menjadi cara mereka untuk mencoba meringankan sakit hatinya. Bunuh diri berarti tidak ingin hidup lagi yang menjadikannya untuk tidak bersosialisasi kepada siapapun, oleh karena itu jangan biarkan mereka lupa tujuan hidupnya untuk bertahan, Anda harus meyakinkannya dengan tujuan-tujuan hidupnya.

3. Perubahan suasana hati yang hebat

Jika orang yang Anda cintai tampak berubah suasana hati dalam sekejab, kemungkinan itu sudah masuk sebagai tanda-tanda dirinya terkena depresi. Perilaku ini bukanlah suatu yang dapat diatasi oleh orang biasa, Anda harus mencari bantuan profesional sebelum mereka membahayakan dirinya sendiri.

4. Bertindak impulsif

Berhati-hatilah dengan sikap impulsifnya. Biasanya sikap impulsif itu bisa berupa, memberikan hadiah atau menghabiskan uangnya secara tiba-tiba, mereka melakukan hal itu, karena mereka tau dirinya akan pergi selamanya. Anda harus pintar dan jeli terhadap prilaku yang tampak tak biasa, demi menghindari kehilangan orang yang tersayang.

5. Mengambil keputusan yang sembrono

Jika orang yang dicintai mulai banyak minum dan menggunakan obat-obatan terlarang atau melakukan sikap yang sembrono, ingatlah bahwa ini bisa menjadi tanda peringatan dirinya untuk bunuh diri. Mungkin ada faktor lain yang menyebabkan seseorang berprilaku gegabah, tetapi jarang ada alasan bagus di balik sikap gegabahnya tersebut.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini