Dianggap Pendiam, Introvert Bisa Jadi Pemimpin Andal

Pisca Azalea, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 31 196 2012104 dianggap-pendiam-introvert-bisa-jadi-pemimpin-andal-Qcdx9H43Xk.jpg Introvert bisa jadi pemimpin yang diandalkan (Foto:Ist)

DALAM kehidupan bersosial, kepribadian yang tegas dan karismatik lebih disukai daripada orang-orang yang memiliki kepribadian yang cenderung pendiam, pemalu, sedikit culun, dan canggung secara sosial. Kepribadian seperti itu sering menggambarkan seorang yang introvert, mengingat bagaimana mereka suka menyendiri, tidak bersahabat dan bahkan dinilai sombong oleh orang lain.

Mereka yang berkepribadian introvert tidak bisa dipaksa menjadi seseorang yang ekstrovert. Itu karena sifat mereka ditentukan oleh bawaan genetik, lingkungan, dan cara mereka dibesarkan .

Namun sebenarnya, orang-orang introvert ini memiliki kepribadian menarik dan unik yang mungkin tidak kamu ketahui, seperti yang dilansir okezone dari Hongkiat.

Baca Juga:

5 Potret Cantiknya Mendiang Saphira Indah saat Hamil

Viral Video Dian Sastro Merem Melek, Bikin Heboh Warganet

Pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik datang secara alami bagi mereka yang introvert karena mereka cenderung memikirkan sesuatu terlebih dahulu sebelum menyuarakan pendapat mereka. Mereka lebih suka memahami orang lain sebelum berusaha dipahami, dan secara tidak langsung membantu mereka membangun hubungan baik dengan orang lain.

Ketika orang lain berbicara dengan bebas, introvert mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memahami perspektif dan sudut pandang mereka. Dengan kata lain, introvert memiliki bakat untuk membuat orang lain merasa dihargai karena mengekspresikan pendapat mereka.

Menyukai seni sastra

Seorang penulis akan menghabiskan banyak waktu untuk merenung dalam kesendirian. Lingkungan seperti itulah yang membuat seorang introvert menyukai seni sastra. Terlebih lagi sudah menjadi sifat mereka untuk mempertimbangkan dengan cermat apa yang harus dikatakan sebelum mereka benar-benar membuka mulut, dan tampaknya menulis menjadi saluran komunikasi yang lebih baik daripada berbicara.

Menjadi pendengar yang baik juga memungkinkan introvert untuk berempati dengan baik dan mendapatkan wawasan tentang pemikiran orang lain sehingga dapat mengekspresikannya melalui tulisan mereka untuk menginspirasi dan menggugah rasa kemanusiaan.

 

Kata-kata emas orang introvert

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, para introvert akan berpikir terlebih dahulu sebelum mereka berbicara, sementara ekstrovert mampu berpikir ketika mereka berbicara. Dalam sebuah diskusi, mereka yang introvert biasanya akan menjadi yang terakhir berkomentar setelah melihat dan mendengar apa yang dikatakan. Itu karena para introvert lebih suka untuk mencerna semua informasi dan melihat hal-hal secara logis sebelum mereka mengeluarkan pendapat atau kata-kata emas mereka dengan pemikiran yang matang.

Penyimpan rahasia yang baik

Kita semua tahu introvert lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Psikiater awal abad ke-20, Carl Jung, menjelaskan bahwa seorang ekstrovert membutuhkan stimulasi sosial agar merasa hidup,sedangkan introvert mengisi ulang energi mereka dengan mengisolasi diri setelah interaksi intensif.

Secara keseluruhan, mereka tidak bergantung dengan persetujuan orang lain untuk menjadi bahagia dan karena alasan inilah, banyak orang mencari nasihat dan mempercayakan rahasia mereka dengan seorang introvert itu karena mereka tahu bahwa orang-orang ini bisa menghormati batasan pribadi, tulus dalam tindakan dan kata-kata, serta perilaku mereka.

Bisa menjadi seorang pemimpin

Kepemimpinan tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang ekstrovert dan memiliki karismatik. Kehadiran seorang introvert yang tenang mampu menanamkan kepercayaan dan tak tergoyahkan. Bahkan, sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa para introvert berkinerja lebih baik ketika menjadi pemimpin dibandingkan dengan para ekstrovert yang lebih suka memberi arahan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini