nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nostalgia Suasana Tempoe Doeloe di Rumah Kopi Nuansa Alam Ranosaut

Subhan Sabu, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 08:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 31 406 2012179 nostalgia-suasana-tempoe-doeloe-di-rumah-kopi-nuansa-alam-ranosaut-av4mgF4kNA.jpg Rumah Kopi Nuansa Alam Ranosaut di Minahasa (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

Buat kamu yang mengaku penggemar kopi, sudah pernah merasakan ngopi sambil menikmati suasana jadul ala-ala jaman tempo dulu? Kalau belum, kamu wajib merasakan sensasi ngopi di Rumah Kopi Nuansa Alam Ranosaut.

Rumah kopi yang terletak di Jalan raya Tondano, Suluan, Tombulu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini tempatnya unik karena didesain ala jaman dahulu kala, baik dari segi furniturnya yang serba dari kayu dan bambu, makanan dan minumannya pun disajikan dalam wadah tempurung atau batok kelapa serta gelas bambu.

 

Selain itu, letaknya yang berada jauh dari hiruk pikuk perkotaan dengan keindahan alam pedesaan serta hamparan pepohonan nan hijaunya membuat kamu serasa berada di dimensi lain.

 Baca Juga: Viral Video Dian Sastro Merem Melek, Bikin Heboh Warganet

Rumah Kopi yang didirikan Bertha Van Der Meer Moningka bersama suaminya Jacob Van Der Meer yang berasal dari Belanda ini ternyata sudah cukup lama dibangun, namun baru populer sekitar beberapa bulan belakangan.

 

"Ini sudah sekitar 10 tahun usaha ini, tapi belum terbuka, belum terlalu ramai, nanti orang mulai kenal sejak 4 bulan lalu sampai sekarang, mungkin sudah waktunya Tuhan berkenan," ujar Imelda Moningka selaku pengelola

Menu andalan dan selalu dicari orang di tempat ini yakni Kopi gula merah, kopi tradisional dengan gula merah sebagai pemanisnya. Selain itu juga ada menu tradisional lain, di antaranya Tinutuan, gohu cuka saguer, kue onde-onde dan kue cucur yang fresh karena dibuat ketika ada yang pesan.

 Baca Juga: Perayaan Imlek Paling Meriah di Indonesia, Ini 10 Tempatnya

Pilihan minuman lainnya yang tidak kalah enak yakni saguer, minuman beralkohol khas dari Minahasa, yang berasal dari pohon aren. Rasanya manis dan asam serta mengandung alkohol dengan kadar rendah.

"Saguer di sini manis, dari pagi sampai sore pun tetap manis," kata Imelda.

Pengunjung yang datang ke tempat ini bukan hanya lokal saja, dari mancanegara juga ada, di antaranya dari Belanda yang sebagian besar merupakan teman-teman dari sang pemilik sendiri, Jacob Van Der Meer.

 

"Ngopi di sini suasananya beda dengan di perkotaan, suasana alam di sini cukup asri serta nuansa jaman dulunya sangat terasa," ujar Indah Pesik, salah seorang pengunjung asal Sonder, Kabupaten Minahasa.

Di tempat ini juga disediakan spot-spot untuk berfoto dengan latar belakang kolam ikan serta pemandangan alam yang hijau nan asri. Untuk harga makanan, rumah kopi Nuansa Alam Ranosaut menawarkan harga yang sangat ramah di kantong mulai dari Rp5 ribu sampai Rp15 ribu.

Untuk sampai ke rumah kopi Nuansa Alam Ranosaut ini jarak tempuh hanya 49 menit dari Kabupaten Minahasa atau 51 menit dari Kota Manado. Letaknya yang tepat di pinggiran jalan raya membuat tempat ini tidak sulit untuk ditemukan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini