nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dipatil Udang, Jari Jokowi Luka Berdarah Ini Cara Mengatasinya

Bagas Taruna , Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 12:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 31 481 2011847 dipatil-udang-jari-jokowi-luka-berdarah-ini-cara-mengatasinya-w3X4Tb4VGX.JPG Presiden Jokowi. (Foto: Okezone)

JARI tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berdarah saat memanen udang di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kemarin. Peristiwa bermula saat Kepala Negara membantu para nelayan yang tengah menjala hasil panen udang dengan jenis vanname itu.

Jari tangan kiri Jokowi tampak berdarah. Terlihat darah mengucur dari sela-sela jempol dan telunjuk tangan kirinya. Lantas, ia pun meminta handuk kecil. Asisten Ajudan Inspektur Satu (Iptu) Syarif Muhammad langsung membawakan handuk kecil dan memberikan kepada Jokowi. Syarif juga membawakan air mineral untuk membersihkan darah di bagian telapak tangan kiri.

Jokowi pun membersihkan darah di tangannya dengan air mineral. Tampak wajah orang nomor satu di Indonesia meringis saat menyiramkan air mineral di bagian telapak tangan yang terluka.

Nah, mungkin Anda pernah mengalami kejadian serupa? Bisa saja benda tajam seperti jarum atau pisau mengiris atau menusuk salah satu jari Anda. Jangan panik, meski darah mengalir dari jari, cobalah keempat tips berikut seperti yang dikutip dari Verywellhealth.

Baca Juga: 5 Potret Cantiknya Mendiang Saphira Indah saat Hamil

1. Hentikan pendarahannya

Coba Anda periksa seberapa dalam luka yang terdapat pada jari. Lihatlah apakah kulit jari terbuka hingga lebar atau tidak. Jika lukanya termasuk yang biasa atau kecil dan jumlah darah yang keluar sedikit, cukup tekan jari tersebut perlahan hingga pendarahannya berhenti.

Apabila lukanya cukup besar dan mengeluarkan darah yang berlebihan, coba tempelkan kain kasa atau handuk pada luka itu. Perhatikan pula jika kulit jari terbuka lebar. Pada saat itulah Anda membutuhkan beberapa jahitan supaya tidak terjadi infeksi yang parah.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Bongkar Rahasia Cincin Ajaib Ahok BTP, Bisa Nyala Kena Air!

2. Bersihkan lukanya

Setelah yakin darahnya sudah berhenti keluar, sekarang beralih pada proses membersihkan bekas luka pada jari. Untuk mencegah terjadinya infeksi yang tak diinginkan, basuhlah jari Anda pada air yang mengalir. Serta, pakailah sabun supaya menghilangkan bakteri yang bisa masuk lewat kulit jari yang terbuka itu.

Meskipun sabun jenis apapun bisa, tetapi hindari sabun yang punya kandungan parfum. Selain itu, jangan samapai sabun itu mengenai lukanya. Nah, jika ada benda kecil yang menyangkut pada luka, gunakan pinset yang sudah dibaluri alkohol untuk mengangkatnya.

3. Gunakan salep antibiotik

Setelah melewati tahap pembersihan, coba aplikasikan salep antibiotik seperti Neosporin atau Polisporin pada luka dengan menggunakan korek kuping atau kain kasa. Jangan langsung menempelkan tabung salep pada bekas luka, karena bakteri yang masih terdapat pada jari bisa berpindah. Alhasil, tempat salep malah terkontaminasi dengan bakteri.

4. Tutup dengan perban

Setelah salepnya mengering, tutup lukanya dengan perban atau plester, ya. Selamat Anda telah melakukan pertolongan pertama pada luka jari ini. Pastikan untuk mengawasi perubahan pada tubuh seperti gejala demam atau pusing. Karena bisa jadi infeksi pada luka itu mulai menyebar ke tubuh. Bila hal ini terjadi, segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini