nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vanessa Angel Pingsan Karena Maag, Ketahui 3 Penyebab Pingsan Lainnya

Blenda Azaria, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 21:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 31 481 2012130 vanessa-angel-pingsan-karena-maag-ketahui-3-penyebab-pingsan-lainnya-KTvi8T2oLg.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETELAH diperiksa oleh Polda Jatim pada Rabu (30/1/2019), artis yang terlibat kasus prostitusi online, Vanessa Angel sempat jatuh pingsan. Penyebabnya jatuh pingsan disebut karena ia mengidap penyakit maag dan kondisi mental yang sedang tidak stabil.

Pingsan merupakan keadaan di mana seseorang kehilangan kesadaran selama beberapa waktu, beberapa orang ada yang pingsan selama 1-2 menit, namun ada juga orang yang tidak sadarkan diri selama 30 menit. Penyebab utama seseorang dapat jatuh pingsan adalah karena otak tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup.

 

Selain karena menderita penyakit maag akut atau kondisi psikologis yang sedang tidak stabil sama seperti yang terjadi pada Vanessa, seseorang bisa jatuh pingsan karena hal lain. Nah, lebih lanjut lagi, berikut Okezone merangkum penyebab pingsan lain yang diambil dari berbagai sumber.

 Baca Juga: Saphira Indah Meninggal Dunia, Ini 4 Penyebab Kematian Ibu Hamil

Kurang asupan makanan

Menurut penuturan seorang dokter umum dr. Fetti Rina, pingsan juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan.

“(Orang pingsan) biasanya karena kurang asupan makanan. Lalu, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membawa korban ke IGD rumah sakit terdekat,” ujarnya.

Pada dasarnya, tubuh manusia memerlukan tenaga dan bahan bakar yang dihasilkan oleh asupan makanan yang mencukupi. Bahkan, kurang asupan makanan juga bisa menimbulkan penyakit lain seperti maag pada lambung. Untuk mengatasinya, usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi tepat pada waktunya makan.

 

Tekanan darah rendah

Mungkin beberapa orang tidak memikirkan tekanan darah atau hipotensi kalau belum muncul gejalanya. Namun ternyata, kurangnya sirkulasi darah yang membawa oksigen menuju otak juga bisa menyebabkan seseorang jatuh pingsan.

Tekanan darah termasuk kategori rendah apabila kurang dari 90 mmHg pada sistolik atau 60 mmHg pada diastolik. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang mengandung garam, minum air putih yang banyak, dan hindari minum minuman beralkohol.

 Baca Juga: Dipatil Udang, Jari Jokowi Luka Berdarah Ini Cara Mengatasinya

 

Penyakit jantung

Dilansi dari laman Health Line, penyakit jantung berarti menggambarkan berbagai penyakit yang memengaruhi otot jantung, katup jantung, arteri koroner, atau ritme jantung seseorang. Tiap-tiap organ ini memiliki peran penting dalam kesehatan jantung seseorang.

Biasanya, orang yang menderita penyakit jantung bisa tiba-tiba jatuh pingsan, baik itu karena serangan jantung atau henti jantung. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memanggil bantuan medis.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini