nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penuaan, Ini Langkah Perawatan Kulit Wajah untuk Perempuan Berhijab

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 17:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 31 611 2012029 cegah-penuaan-ini-langkah-perawatan-kulit-wajah-untuk-perempuan-berhijab-6492hcE5ia.jpg Perawatan kulit untuk perempuan berhijab (Foto: Muslimvillage)

Saat ini, mulai banyak perempuan muslimah yang memutuskan untuk berhijrah. Langkah awal yang biasanya dilakukan adalah menggunakan hijab dan menjalankan salat lima waktu.

Maka tak heran bila jumlah perempuan muslimah yang berhijab telah mencapai 61%. Namun di sisi lain, tak bisa dipungkiri mereka tetap ingin terlihat cantik di hadapan orang lain.

Oleh karenanya, perempuan muslimah perlu memerhatikan masalah kulit yang mungkin timbul dari kebiasaan mereka. “Sebenarnya tidak ada masalah kulit yang spesifik untuk mereka yang berhijab. Namun karena mereka sering berwudhu untuk salat, itu perlu waspada,” ungkap dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Irmadita Citrashanty, SpKK.

Kulit terdiri dari 70% air dan lemak (minyak). Akan tetapi, air di kulit dapat mengalami penguapan sehingga kadarnya menjadi berkurang. Apabila kadar air kurang dari 70%, maka dapat membuat kulit menjadi kering dan mempercepat proses penuaan. Lapisan lemak berfungsi untuk mencegah air supaya tidak menguap.

Sayangnya, jika wajah terlalu sering dicuci atau dibasuh oleh air, dapat membuat lemak pada wajah terkikis. Hal ini membuat proses penguapan air di kulit wajah menjadi lebih cepat. Sedangkan, sebelum salat, perempuan muslimah biasanya akan melakukan wudhu dan membasuh wajah dengan air.

“Tidak ada yang salah dengan wudhu, namun yang menjadi fokus adalah pada air yang bisa mengikis lemak untuk mencegah terjadinya penguapan. Cara untuk mengatasi hal ini adalah penggunaan pelembap sehabis mencuci wajah atau wudhu. Pelembap dapat berfungsi sebagai pengganti lemak,” terang dr Irmadita sewaktu ditemui Okezone dalam peluncuran produk skincare Nameera Aquatic Botanical, Kamis (31/1/2019) di Jakarta.

perempuan hijab

(Foto: Muslimvillage)

Selain itu, hal lain yang perlu dipahami adalah membasuh wajah dengan air tidak serta merta membuat kulit menjadi terhidrasi kembali. Sebab tidak semua air dapat diterima oleh wajah. Oleh karenanya, dibutuhkan produk perawatan kulit yang dapat membantu mensinergikan air sehingga memberikan manfaat pada kulit.

Masalah lain yang mungkin timbul pada perempuan muslimah adalah timbulnya jerawat pada area yang tertutup hijab. Dijelaskan oleh dr Irmadita, hal ini terjadi karena area pori-pori tertutup sehingga bisa terjadi penyumbatan. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya jerawat.

“Kalau timbul jerawat berarti membersihkan wajahnya kurang tepat karena masih ada kotoran yang dapat menyumbat pori-pori pada area yang tertutup hijab. Cara mencegahnya tentu saja membersihkan wajah dengan benar dan jangan lupa menggunakan pelembap setelah mencuci wajah. Kembali lagi, hal ini untuk mencegah terjadinya penguapan,” pungkas dr Irmadita.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini