nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Pilih, Hijabers Harus Pentingkan 2 Hal Ini Sebelum Beli Skincare

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 10:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 01 194 2012290 jangan-asal-pilih-hijabers-harus-pentingkan-2-hal-ini-sebelum-beli-skincare-lrsXSnr96I.jpg Hijabers harus jeli sebelum beli skincare (Foto: Shutterstock)

BANYAK perempuan yang ingin tampil cantik dan memiliki kulit wajah yang sehat. Guna mewujudkan keinginan itu, mereka biasanya akan menggunakan produk perawatan kulit. Bagi perempuan muslimah, pemilihan produk tidak bisa dilakukan secara asal. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan produk tertentu.

Terlebih dengan adanya media sosial, perempuan muslimah seringkali dihadapkan pada tuntutan untuk tetap terlihat cantik dan modis agar bisa diterima di tengah-tengah lingkungan. Biasanya, perempuan muslimah menyiasati tuntutan ini dengan penataan hijab atau penggunaan makeup maupun produk perawatan kulit yang berlebihan. Padahal cara tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam yang pada dasarnya tidak menganjurkan segala sesuatu yang berlebihan.

 BACA JUGA : Wajah Segar dan Flawless, Ternyata Ini Rahasia Cantik Laudya Cynthia Bella

“Perempuan muslim modern membutuhkan inovasi untuk membantu terlihat cantik sesuai fitrah yang selaras dengan nilai-nilai keislaman. Sekarang ini sudah banyak produk perawatan kulit yang memiliki label halal, tapi balik lagi, harus sesuai dengan kondisi kulit dan kebutuhan. Jangan sampai menggunakan produk yang ada klaim halal tapi penggunaannya harus berlapis-lapis atau ribet,” ungkap Putri Dwi Andari selaku Ketua Hijabers Community saat ditemui Okezone dalam sebuah acara di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

 

Dirinya menuturkan, penggunaan produk yang berlebihan malah membuat seorang perempuan tidak memaksimalkan pemberian dari Allah. Sebaliknya, perempuan tersebut malah berusaha menutupi bagian yang menurutnya kurang baik. Padahal dalam ajaran Islam, segala sesuatu yang diberikan dari Sang Pencipta sudah sempurna.

“Kita menggunakan hijab itu ‘kan sebenarnya untuk menutupi aurat dan tidak terlihat menonjol. Tapi kalau penggunaan produk atau makeup dilakukan secara berlebihan, itu malah menjadi pusat perhatian orang lain. Namun kita tetap harus merawat diri karena merawat itu bentuk rasa syukur dan ibadah juga,” tambah Putri.

 

Hal lain yang harus diperhatikan oleh perempuan muslimah dalam memilih produk perawatan kulit adalah jaminan kehalalan. Diungkapkan Putri, tak sedikit perempuan yang menggunakan produk karena mengikuti tren. Padahal, bisa jadi produk tersebut tidak halal.

“Contohnya kaya skin care asal Korea yang sekarang lagi happening banget sampai ada jastip. Tapi kita yang menggunakannya tidak tahu pasti kandungan pada produk tersebut. Biarpun penggunaan produk itu tujuannya untuk merawat diri, tapi tetap harus mengutamakan memilih skin care yang ada jaminan halal dan tetap sesuai dengan ajaran Islam,” terang Putri.

 BACA JUGA : Asisten Pribadi Menteri Susi Pudjiastuti Tulis Surat Pengunduran Diri, Netizen Terharu!

Dirinya berharap perempuan muslimah di luaran sana lebih bijaksana dalam memilih produk perawatan kulit. “Pilihlah produk yang berasal dari baahn-bahan halal, natural, dan aman. Jadi enggak usah terlalu ikut-ikutan yang sudah ada, yang belum jelas. Sebagai muslim tinggalkan yang enggak jelas supaya tidak berlebihan dalam berpenampilan,” pungkas Putri.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini