Pacarmu Selalu Mengulang Kesalahan yang Sama, Bagaimana Menyikapinya?

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 01 196 2012315 pacarmu-selalu-mengulang-kesalahan-yang-sama-bagaimana-menyikapinya-9PGRzgV5jK.jpg Menghadapi orang yang selalu mengulang kesalahan (Foto: USnewshealth)

PERTENGKARAN dalam hubungan adalah hal yang biasa. Namun terkadang, hal yang diributkan itu-itu saja tanpa ada jalan keluar yang baik untuk kedua belah pihak. Jika dibiarkan terus menerus dan dianggap biasa, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan menjadi bumerang bagi pasangan.

Permasalahan yang tidak ada solusinya dapat menjadi bom waktu dan pada akhirnya malah merusak hubungan. Ada beberapa alasan yang membuat pasangan meributkan hal yang sama. Pertama, karena salah satu pihak menilai ada yang salah dan kurang dalam diri pasangannya. Kedua, karena adanya beban emosional dari masa lalu yang belum terselesaikan.

Alasan yang kedua bisa memicu masalah lain. Sebab dalam hal ini bisa saja pasangan sebenarnya tidak melakukan kesalahan dan terlibat dalam beban emosional. Beruntung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pertengkaran karena hal yang sama. Berikut ulasannya seperti yang Okezone lansir dari Bustle:

 BACA JUGA : Selain Cantik, Ini 5 Fakta Menarik Fika Fawzia, Mantan Asisten Pribadi Menteri Susi Pudjiasti

1. Berlatih cara komunikasi dengan benar

Alasan lain yang membuat topik pertengkaran itu-itu saja adalah pasangan tidak bisa berkomunikasi dengan benar. Seringnya pasangan tidak tahu artinya komunikasi. Kebanyakan hanya ingin berbicara tentang sudut pandangnya dan pasangannya menerima. Padahal, dalam komunikasi ada saat untuk mendengarkan. Pasangan baru bisa membicarakan satu permasalahan dan mencari jalan keluar apabila mereja salubg mendengarkan.

2. Fokus pada permasalahan

Saat bertengkar, masing-masing pihak ingin mempertahankan pendapatnya. Maka tak heran pada saat adu argumen, pembicaraan bisa merembet kemana-mana. Inilah yang seharusnya dihindari. Sebab pembicaraan yang melebar dari topik permasalahan membuat jalan keluar tidak kunjung ditemukan.

 Saat bertengkar, masing-masing pihak ingin mempertahankan pendapatnya

3. Hilangkan ego


Dalam membicarakan permasalahan, seseorang cenderung merasa pendapatnya yang paling benar, padahal belum tentu. Guna mendapatkan jalan keluar, hilangkan ego dan mulailah berkompromi terkait masalah tersebut. Kalau perlu, ajukan persyaratan-persyaratan yang dirasa baik untuk kedua belah pihak.

4. Mempertimbangkan bantuan konselor


Tidak selamanya pasangan dapat menyelesaikan masalahnya hanya berdua saja. Ada saat-saat tertentu dimana pasangan membutuhkan bantuan dari pihak ketiga. Pilihlah pihak yang netral seperti konselor pernikahan. Konselor dapat membantu mengeksplorasi penyebab dasar dari permasalahan dan memberi masukan jalan keluar.

 BACA JUGA : Asyik Nonton Film Porno, Pria Ini Ciduk Pacarnya "Main" Satu Adegan

5. Lupakan masa lalu


Seperti yang dikatakan sebelumnya, meributkan hal yang sama terkadang bisa disebabkan karena bayang-bayang masa lalu. Hal ini membuat salah satu pihak merasa takut kejadian yang dulu menimpanya akan terjadi lagi. Padahal asumsi-asumsi itu yang mendorong terjadinya pertengkaran. Oleh karenanya, cobalah berdamai pada diri sendiri dan mulai berpikir bila pasangan yang sekarang lebih baik dan mungkin tidak akan melakukan kesalahan seperti orang yang ada di masa lalu.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini