nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Atraksi Perahu Naga di Tangerang

Salma Nafisa, Jurnalis · Minggu 03 Februari 2019 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 01 406 2012678 serunya-atraksi-perahu-naga-di-tangerang-ZPZaXGKjeB.jpg Festival Cisadane di Tangerang (Foto:Okezone)


MASYARAKAT keturunan Tionghoa akan merayakan Tahun Baru China pada 5 Februari 2019 atau dikenal juga dengan Imlek. Imlek ini juga dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. Budaya China bisa dikatakan juga sudah masuk menjadi bagian dari budaya Nusantara.

Selain Imlek, salah satu tradisi yang mengadopsi budaya Tionghoa adalah rutin digelarnya  lomba perahu naga di Cisadane. Tahun lalu Festival Cisadane digelar di Kota Tangerang pada bulan Agustus. Festival itu diselenggarakan pada 25 Agustus hingga 1 September 2018.

 

Festival ini memang sudah diselenggarakan setiap tahunnya, dan acara ini juga memiliki banyak agenda menarik. Salah satunya yaitu lomba perahu hias. Selain itu ada banyak perlombaan lainnya seperti beksi, pencak silat, perahu dragon boat, dan masih banyak lomba lainnya. Acara ini berkembang dari tahun ke tahun, dan acara yang diselenggarakan juga menyuguhkan pembukaan dan adanya lomba tambahan.

Acara ini memang sengaja diadakan di Kota Tangerang karena sambil memperkenalkan tempat wisata dan kuliner di Kota Tangerang agar masyarakat Indonesia bisa berkunjung serta ikut melestarikan budaya di Kota Tangerang yang tentunya budaya di Indonesia juga.

 

Tak hanya itu ternyata Festival ini juga diikuti oleh berbagai daerah, gunanya adalah untuk melestarikan budaya Indonesia dan mempererat tali persaudaraan antar daerah. Pada tahun 2018 lomba perahu naga ini dimulai di malam hari berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Festival Cisadane ini dibuka dengan berbagai jenis lampu-lampu yang indah meramaikan suasana acara tersebut.

Acara pembukaan dimulai dengan atraksi flying board di sekitar Sungai Cisadane, lalu dilanjutkan dengan tari-tarian tradisional salah satunya tari Topeng Kelana. Masih banyak lagi acara dari Festival Cisadane ini yang paling untiknya yaitu perahu naga hias yang ikut dalam agenda acaranya. Setiap tahunnya acara ini digelar dengan agenda yang berbeda demi kenyamanan dan kesenangan masyarakat. Semoga ditahun 2019 ini Festival Cisadane bisa lebih meriah dari tahun sebelumnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini