nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah SPF yang Harus Digunakan di dalam Ruangan untuk Cegah Penuaan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 11:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 01 611 2012314 jumlah-spf-yang-harus-digunakan-di-dalam-ruangan-untuk-cegah-penuaan-4IF6eAdjpC.jpg Pakai SPF untuk cegah penuaan (Foto: Healthy)

Memiliki kulit yang sehat adalah impian banyak orang, baik pria maupun wanita. Ciri-ciri kulit sehat adalah kenyal, lembap, tidak terasa kering, dan tidak ada masalah tertentu. Kulit sehat tentu tidak didapatkan begitu saja, ada langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Supaya kulit sehat maka kita harus membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Usahakan tidak terlalu sering membersihkan wajah karena bisa mengikis lapisan lemak dan kulit. Lapisan lemak berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan sehingga kulit tidak mudah keriput atau kering,” ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Irmadita Citrashanty, SpKK sewaktu ditemui Okezone dalam sebuah acara, Kamis 31 Januari 2019.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan pelembap sesuai jenis kulit. Pelembap harus digunakan setelah mencuci wajah dan ketika berada di ruangan berAC. Biarpun ruangan ini memberikan kenyamanan karena suasananya yang dingin, tapi semakin lama berada di ruangan berAC dapat mempercepat proses penuaan kulit. Sebab ruangan tersebut udaranya tidak lembap sehingga membuat penguapan air di kulit terjadi lebih cepat.

Kemudian langkah yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk perawatan kulit atau skincare. Produknya tentu saja harus disesuaikan dengan jenis kulit. dr Irmadita mengatakan, skincare juga perlu diaplikasikan pada wajah di malam hari sebelum tidur karena kerjanya menjadi lebih optimal.

pakai pelembap

Terakhir adalah penggunaan tabir surya saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Polusi dan paparan sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan maka diperlukan protektor bagi kulit. Meskipun sudah menggunakan serangkaian skincare dengan harga selangit, semuanya bisa menjadi sia-sia apabila kulit tidak mendapatkan perlindungan dari tabir surya.

“Tapi jangan salah, penggunaan tabir surya juga diperlukan meskipun berada di dalam rumah atau ruangan. Penelitian terbaru mengatakan, invisible light dari lampu atau cahaya apapun dapat ikut andil dalam proses penuaan kulit. Terlebih sekarang banyak dari kita yang habis bangun tidur langsung mengecek handphone atau kerjanya berada di depan layar. Cahaya dari gadget juga bisa memengaruhi penuaan,” terang dr Irmadita.

Untuk penggunaan tabir surya di dalam ruangan, cukup menggunakan yang kadar SPF 15. Sedangkan apabila beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF 30 bahkan sampai 50. Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan makeup, tabir surya bisa digunakan sebelum mengoleskan foundation, bedak, dan segala macam. Namun tabir surya harus digunakan setelah mengaplikasikan serum, pelembap, dan essence oil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini