Plus Minus Mengeringkan Rambut Secara Alami

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 02 194 2013014 plus-minus-mengeringkan-rambut-secara-alami-K0YMaxJbLh.jpg Ilustrasi (Foto: Adorebeauty)

CARA mengeringkan rambut sehabis keramas pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengeringkannya dengan hair dryer atau handuk. Tapi bagi yang tak ingin ribet, mereka memilih mengeringkan rambut secara alami alias mendiamkannya begitu saja.

Mengeringkan rambut secara alami dikatakan dapat mencegah kerusakan jangka panjang karena eksposur panas. Tapi di sisi lain hal itu dapat membawa masalah dan merepotkan. Sebab ada beberapa potongan rambut yang sulit dikeringkan dengan udara. Melansir Bustle, Sabtu (2/2/2019), menurut para ahli ada tujuh hal yang bisa terjadi pada rambut namun tidak disadari ketika dikeringkan secara alami. Berikut ulasannya:

1. Menyebarkan jamur atau bakteri

Terkadang ada orang yang mengeramas rambutnya menjelang tidur. Hal ini biasanya membuat mereka malas mengeringkan dengan alat dan memilih langsung memejamkan mata. Padahal cara ini dapat menyebabkan beberapa masalah dalam jangka panjang. Tidur dengan keadaan rambut basah membuat udara yang menjadi lebih sedikit sehingga rambut menjadi lebih lama untuk kering. Kondisi ini dapat menyebabkan jamur dan bakteri tumbuh di rambut.

 Baca Juga: Mudah Cairkan Suasana, 6 Zodiak Ini Cocok Jadi Teman Hangout

2. Membuat rambut lebih halus

Sering mengeringkan rambut dengan udara membantu mencegah kerusakan akibat menggunakan hair dryer. Dengan begitu rambut mungkin terlihat lebih halus dan lebih terhidrasi. Penggunaan hair dryer memang bisa memperluas kutikula yang mengganggu lapisan luar rambut, memudarkan warna, rambut menjadi kering, dan membuatnya keriting.

3. Dapat merusak rambut di masa depan

Meskipun membuat rambut lebih halus, mengeringkan rambut secara alami dapat melembapkannya sehingga bisa berbahaya. Paparan air yang konstan dapat menimbulkan konstan. Air menyebabkan rambut membengkak dan dapat merusak membran sehingga melemahkan rambut seiring waktu. Rambut basah juga berada dalam kondisi lemah sehingga bisa membuat rambut kehilangan bentuk asli.

 Baca Juga: Baju Jackie Chan hingga Hanbok ala Korea Bisa Jadi Inspirasi Outfit Imlek

4. Membuat rambut dehidrasi

Rambut basah bisa mengalami dehidrasi bila cuaca sedang dingin.

 

5. Menjaga kelembapan rambut

Meskipun rambut bisa mengalami dehidrasi dalam cuaca dingin, mengeringkan rambut secara alami dapat mempertahankan kelembapan dengan lebih baik.

6. Mencegah kerusakan

Mengeringkan rambut dengan hair dryer dapat membuat rambut mudah patah karena memaksa udara panas masuk ke poros rambut. Dengan begitu, mengeringkan rambut secara alami dapat mencegah kerusakan.

7. Baik untuk rambut yang diwarnai

Terkadang pengeringan rambut secara alami bisa lebih baik, terutama untuk rambut yang diwarnai. Tentu kita tahu menjaga rambut yang diwarnai agar tidak rusak membutuhkan usaha ekstra. Tapi di sisi lain menempatkan panas berlebihan pada kutikula rambut dengan hair dryer dapat lebih merusak. Maka mengeringkan rambut secara alami menjadi pilihan yang lebih baik.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini