nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Anak Jadi Korban Kekerasan PRT, Ini Cara Paling Ampuh

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 12:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 02 196 2012852 cegah-anak-jadi-korban-kekerasan-prt-ini-cara-paling-ampuh-BwyhpdQZMC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAKNYA kasus penganiayaan bayi yang dilakukan oleh pembantu rumah tangga (PRT) tentu memicu kekhawatiran tersendiri bagi orangtua. Memang, sangat sulit untuk mendapatkan PRT yang dapat dipercaya.

Beberapa hari yang lalu, seorang PRT berinisial R (66) menjadi tersangka atas kasus penganiayaan bayi usia 2 bulan berinisial M hingga tewas. Kejadian itu terjadi di Perum Villa Santika, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas Kota Depok. Padahal R (66) baru bekerja selama 4 hari di rumah tersebut.

Nah, sebenarnya kejadian kekerasan serupa tidak terjadi, mungkin Anda bisa menerapkan pengawasan esktra di rumah. Meskipun Anda tidak bisa berada di rumah setiap saat, tapi ada cara efektif mengawasi keadaan rumah, yakni dengan memasang Closed Circuit Television (CCTV).

Baca Juga: Viral Pamer Foto Jendela Pesawat, Netizen Tertipu Massal

Perangkat itu adalah alat pelengkap keamanan yang biasa digunakan untuk mengawasi selama 24 jam. CCTV bisa dipasang di mana saja, sesuai keinginan Anda. Pasang CCTV di rumah, juga dikoneksikan dengan WiFi lagi digandrungi keluarga milenial.

Kriminolog Anggi Aulina mengatakan, CCTV digunakan sebagai pengintai adanya tindak kejahatan. Setidaknya perangkat tersebut menjadi salah satu bantuan untuk penyelidikan kasus.

"Semuanya memang tidak bisa sepenuhnya jadi tanggung jawab CCTV. Petugas keamanan atau tetangga dekat rumah juga mesti ikut mengawasi semua aktivitas di lingkungannya," ujar Anggi, saat dihubungi Okezone.

Tapi, yang menjadi kelemahan CCTV adalah semua baru bisa dilihat ketika Anda pulang. Meski demikian, dengan kemajuan teknologi Anda bisa mengawasi anak secara live, didukung dengan layanan internet dan WiFi.

Baca Juga: Asisten Pribadi Menteri Susi Pudjiastuti Tulis Surat Pengunduran Diri, Netizen Terharu!

Channel Sales & Marketing Manager Belkin Indonesia mengatakan, banyak jenis WiFi yang mudah dikoneksikan di rumah. Seperti Mesh WiFi Router, Parental Control, dan Network Security.

"Salah satu perangkat yang dicari adalah Mesh WiFi Router. Perangkat ini versi terbaru dengan koneksi cepat, jangkauannya luas dan stabil," tutur Ivona lewat keterangannya kepada Okezone.

Teknologi perangkat WiFi tersebut mudah untuk di set up oleh siapa saja, sampai emak-emak di rumah pun bisa memasang perangkat itu. Ivona menambahkan, biar koneksi WiFi itu menyebar luas ke seluruh area ruangan, Anda harus meletakkan di surut ruangan yang tepat.

Jangan pasang WiFi di pojok ruangan, karena bisa menghambat sinyal lho! "Perangkatnya juga enggak boleh ditaruh di dekat benda bersifat menyerap sinyal. Seperti akuarium, microwave, kulkas dan sejenisnya," bebernya.

Sebaiknya, menurut Ivona, perangkat WiFi tersebut dipasang di tengah ruangan dan dekat tangga. Karenanya ada ruang terbuka untuk sinyal WiFi ke lantai atas.

Dengan adanya koneksi internet yang baik ini, Anda tinggal mendownload softwarenya sehingga memudahkan Anda memantau si buah hati. Usahakan memasang CCTV di beberapa titik, sehingga tidak ada blind spot di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini