nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Cara Tak Biasa untuk Menghilangkan Stres

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 07:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 02 196 2013001 7-cara-tak-biasa-untuk-menghilangkan-stres-bWsxq8SoQj.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TIDAK ada orang yang dapat menghindari stres. Semua pasti pernah merasakannya. Entah itu karena masalah dengan keluarga, teman, pekerjaan, hingga masalah pribadi seperti keuangan. Meski begitu, stres tetap harus dikelola dengan baik. Sebab kalau tidak, dapat membawa masalah terhadap kesehatan fisik dan mental.

"Menangani stres adalah sesuatu yang perlu dilakukan semua orang karena ada banyak risiko kesehatan mental dan fisik. Terlalu banyak stres dapat menyebabkan kelelahan dan depresi, masalah hubungan, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, serta potensi menggunakan obat-obatan terlarang dan alkohol," ungkap psikiater Vinay Saranga MD seperti yang dikutip Okezone dari Bustle, Senin (4/2/2019).

Sebaliknya, orang yang menangani stres cenderung memiliki kepuasan kerja lebih tinggi, lebih mungkin untuk dipromosikan di tempat kerja, memiliki hubungan lebih baik dengan orang di sekitarnya, dan secara keseluruhan lebih bahagia.

 Baca Juga: Ingin Berat Badan Ideal? Ikuti Langkah Diet Ini!

Dirinya menuturkan ada 7 cara tak terduga untuk mengurangi stres. Berikut ulasannya:

1. Menjadwalkan perawatan diri

Di tengah aktivitas yang padat, seseorang mungkin sulit memanjakan diri dengan melakukan berbagai perawatan. Akan tetapi, hal tersebut tetap harus dilakukan. Perawatan diri dapat membuat orang tersebut tetap rileks. Dengan begitu, dirinya lebih mudah menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya.

 

2. Menghitung mundur

Saat rasa stres yang datang melanda begitu besar lantaran ada masalah yang sangat memusingkan, tahan diri sejenak. Cobalah ambil jeda untuk menghitung mundur dari 10. Cara ini dapat menghilangkan fokus dari pemicu stres. Selain itu, cara ini juga memberikan ruang bagi orang yang tengah stres untuk memikirkan jalan keluar.

 Baca Juga: 4 Zodiak Ini Sering Bikin Ngelus Dada Kalau Sifat Childish-nya Kambuh

3. Memiliki benda yang bisa digunakan sebagai ‘jimat’

Tenang, cara ini bukanlah yang aneh-aneh melainkan membantu seseorang untuk lebih tenang menggunakan indra peraba. Carilah batuan alam yang bisa digunakan sebagai gelang atau hanya sekadar bisa ditaruh di dompet. Saat merasa stres, peganglah batu tersebut dan ucapkan kata-kata 'Ini juga akan berlalu' atau 'Sebuah solusi sedang dalam perjalanan'. Cari ini dapat membantu menghilangkan stres.

4. Lakukan pernapasan diafragma

Latihan pernapasan diafragma dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan otot. Napas diafragma dapat mengurangi denyut jantung, tekanan darah, dan sekresi kortisol yaitu hormon penyebab stres. Kalau perlu, lakukan pernapasan dengan mendengarkan instrumen musik sehingga suasana menjadi lebih rileks.

5. Mencoba relaksasi otot progresif

Cara ini dapat membantu mengelabui tubuh agar merasa lebih tenang. Untuk melakukan relaksasi otot progresif, cobalah menegangkan satu kelompok otot dan kemudian mengendurkannya. Contohnya mengepalkan tangan lalu membukanya lebar. Ketika otot menjadi kendur, maka pikiran dan emosi cenderung menjadi lebih rileks sehingga menciptakan perasaan tenang.

6. Menuliskan penyebab stres

Stres terlihat berbeda untuk semua orang namun tidak semuanya memahami akar penyebab stres. Cobalah menulis hal-hal yang membuat stres dalam hidup dan cara meresponsnya, baik secara mental maupun fisik. Saat menuliskan hal ini, orang mungkin akan berpikir ulang mengenai cara-cara mereka menghadapi stres dan melakukan perubahan.

7. Pergi dengan teman

Ini adalah pilihan terakhir untuk mengatasi stres. Sebagai mahluk sosial, manusia tetap perlu berinteraksi dengan orang lain termasuk ketika stres. Melakukan percakapan dari hati ke hati dengan teman atau orang terdekat akan memberikan perspektif penting, dukungan instrumental, dan umpan balik emosional. Hal itu akan membuat seseorang merasa lebih optimis dan tubuh meningkatkan sekresi hormon yang penting untuk kesejahteraan seperti oksitosin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini