nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan 4 Hal Ini saat Berikan Makanan Pendamping ASI

Pisca Azalea, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 02 481 2012940 perhatikan-4-hal-ini-saat-berikan-makanan-pendamping-asi-DxWonm3u47.jpg Ilustrasi (Foto: Parents)

Asupan gizi pada masa kehamilan sampai kelahiran memang harus terpenuhi, karena hal itu akan menentukan kualitas hidup dan kesehatan si bayi di kemudian hari. Oleh karena itu, 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) ini merupakan masa sensitif.

Di periode ini, otak dan tumbuh kembang bayi sedang berkembang pesat sehingga asupan gizi yang dikonsumsi ibu sangat memengaruhi perkembangannya. Periode ini dimulai sejak masa kehamilan atau terbentuknya janin hingga anak berusia 2 tahun.

Biasanya setelah anak berusia 6 bulan, ibu akan memberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI) untuk memenuhi asupan gizinya. Bahkan seringkali kita menemukan para ibu yang mencampurkan semua bahan makanan untuk si anak, seperti yang dikatakan dr. Diana F. Suganda, M.Kes.,Sp.GK, Spesialis Gizi Klinis.

 Baca Juga: Viral Video Dian Sastro Merem Melek, Bikin Heboh Warganet

“Milenial moms biasanya ingin semuanya sempurna untuk sang anak. Makanya, kebiasaan membuat MP-ASI rumahan semakin banyak dilakukan. Sayangnya, tidak semua MP-ASI rumahan ini baik kualitasnya,” jelas dr. Diana ditemui dalam acara “Cara Mudah Jadi Milenial Moms yang Peduli Nutrisi” di Tokopedia Tower, Jakarta baru-baru ini.

Milenial sendiri atau juga dikenal dengan generasi Y adalah orang-orang dengan tahun kelahiran antara tahun 1980-an hingga awal 1997-an sebagai akhir kelahiran. Dokter Diana juga menjelaskan tidak boleh asal atau sembarangan memberikan MP-ASI pada anak karena ada 4 syaratnya. Simak ulasannya berikut ini:

1. Tepat waktu

Mulai memberikan MP-ASI itu harus tepat waktu, maksudnya mulai diberikan ketika anak benar-benar di usia 6 bulan. Tidak boleh lebih cepat dan tidak boleh pula lebih lambat. Usia 6 bulan sudah dianggap WHO, usus bayi sudah lebih siap menerima makanan atau sesuatu yang lebih padat.

2. Bergizi

MP-ASI yang diberikan gizinya harus seimbang yakni mencakup karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah. Jangan sampai ketika memberikan MP-ASI kepada anak, kita tidak memerhatikan gizinya.

 Baca Juga: Menghias Rumah, Ini Filosofi di Balik Warna Merah saat Imlek

 

3. Tepat cara pemberiannya

Tepat di sini maksudnya dari teksturnya yang menyesuaikan dengan usia si anak. Tidak mungkin kita memberi anak yang berusia 6 bulan dengan nasi tim. Biasanya dimulai dengan bubur yang halus terlebih dahulu dan ketika usianya makin bertambah maka frekuensi teksturnya makin padat.

4. Kebersihan

Kita akan sering menggunakan banyak alat untuk mempersiapkan MP-ASI ini. Oleh karena itu, kebersihan menjadi faktor penting pada saat memberi anak MP-ASI. Jangan sampai ketika membuat MP-ASI, alat yang digunakan tidak steril dan terkontaminasi bakteri.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini