nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seks Makin Mantap Usai Melahirkan, Ini 4 Tipsnya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 02 481 2013015 seks-makin-mantap-usai-melahirkan-ini-4-tipsnya-oOGmOpGaNg.jpg Tips bercinta usai melahirkan (Foto: Thespruce)

HUBUNGAN seksual setelah melahirkan, entah secara normal atau melalui operasi caesar, tubuh kita perlu waktu untuk pulih. Rasa sakit dan keputihan membutuhkan waktu untuk benar-benar hilang.

Biasanya, kebanyakan dokter menyarankan menunggu 3 hingga 6 pekan untuk alat reproduksi kembali normal. Hal ini disebabkan karena leher rahim itu membutuhkan waktu untuk tertutup. Demikian juga masa keputihan, yang membutuhkan waktu untuk berhenti. Bukan hanya itu, sayatan dan laserasi juga membutuhkan waktu untuk sembuh.

  Baca Juga: Yuk Berburu Angpao Imlek di 3 Tempat Ini

Namun, penting untuk diingat bahwasanya setiap orang memiliki masalah fisik pasca melahirkan yang berbeda. Maka dari itu, tetap saja setelah dokter mengatakan aman untuk melakukan hubungan intim setelah melahirkan, keputusan akhir akan tetap di tangan kita.

Lalu seperti apa tips untuk hubungan intim yang lebih baik setelah melahirkan? Ada 4 tips yang bisa diperhatikan, pertama pikirkan dulu soal keintiman. Ingatlah, berhubungan seksual bukan satu-satunya pilihan cara untuk keintiman hubungan. Berkomunikasilah dengan pasangan, habiskan waktu bersama, dan cari cara lain untuk mengungkapkan kasih sayang sebelum memilih untuk melakukan hubungan intim.

 

Tips kedua ialah, Anda bisa menggunakan pelumas buatan sesuai kebutuhan. Ketidaknyamanan dalam jumlah tertentu adalah hal yang normal pada awalnya. Kekeringan dan perubahan anatomi vagina inilah yang membuat kita mungkin dibutuhkan bantuan pelumasan buatan untuk sementara waktu. Coba gunakan pelumas berbasis air dan bereksperimenlah dengan posisi seks yang berbeda jika penetrasi terasa menyakitkan.

Selanjutnya agar berhubungan bisa lebih terasa nyaman, lakukan latihan untuk bagian panggul. Otot yang mengelilingi vagina mungkin perlu dilatih untuk kembali ke bentuk semula. Tanyakan kepada ahlinya, pelajari dulu teknik latihan panggul Kegel dengan benar. Tips berikutnya ialah soal timing, rencanakan untuk memiliki keintiman ketika kita dan pasangan merasa cukup istirahat dan tidak akan terganggu. Contohnya bisa di waktu pagi hari ketika masih segar atau saat bayi tidur siang.

 Baca Juga: Menghias Rumah, Ini Filosofi di Balik Warna Merah saat Imlek

Terakhir, intinya agar berhubungan intim usai melahirkan dengan nyaman bersama pasangan. Urus diri dengan baik, sebisa mungkin kembalilah ke rutinitas normal. Jalani diet sehat seimbang, olahraga teratur, hindari dehidrasi, dan istirahat sebanyak mungkin. Demikian seperti disitat Everydayhealth, Sabtu (2/2/2019).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini