nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Cuci Miss V dengan Sabun Usai Bercinta, Kenapa?

Blenda Azaria, Jurnalis · Minggu 03 Februari 2019 22:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 03 481 2013258 jangan-cuci-miss-v-dengan-sabun-usai-bercinta-kenapa-TMCK5IciKI.jpg Miss V tak boleh dicuci dengan sabun usai bercinta (Foto: Sheknows)

SETELAH melakukan aktifitas seksual, seluruh tubuh akan terasa lengket akibat keringat dan cairan lainnya. Oleh karena itu, tidak sedikit wanita yang langsung mandi dan membersihkan organ intimnya setelah seks, tapi sebenarnya itu benar-benar tidak perlu.

Sabun yang biasa Anda pakai saat mandi bisa menyebabkan reaksi alergi jika kulit Anda sensitif terhadap bahan kimia yang keras dalam sabun, tetapi menurut seorang dokter Obstetri dan Ginekologi, Robert Wool, M.D., menggunakan sabun juga dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada vagina Anda.

Lalu, menurut Leslie E. F. Page, M.D., seorang ginekologis asal Kansas, vagina merupakan organ yang sangat lembut, oleh karena itu tidak sembarangan bahan kimia bisa masuk ke dalamnya.

 Baca Juga: Lagi Hujan, Lihat Postingan Mie Rebus Telur Netizen Ini Auto Nelen Ludah!  

"Vagina adalah organ yang bisa membersihkan diri sendiri, dan perlu diperlakukan dengan sangat, sangat lembut — jika Anda tidak akan memasukkan sabun ke dalam mulut, maka Anda tidak boleh memasukkannya ke dalam atau di sekitar vagina Anda," kata Leslie.

Menurutnya, jika Anda ingin mandi setelah berhubungan seks, gunakanlah air biasa untuk membilas vagina Anda. Demikian seperti yang dilansir dari laman Women’s Health.

 

Hal ini juga dikomentari oleh Emma Kaywin, seorang penulis dan aktifis kesehatan seksual asal Brooklyn menyampaikan pendapatnya seperti yang dilansir dari laman Bustle.

“Anda tidak perlu membersihkan vagina setelah melakukan seks. Tubuh Anda sendiri yang memproduksi cairan vagina tersebut sehingga hal itu tidak akan membahayakan bagi Anda. Sama halnya jika cairan semen terdapat pada vagina Anda,” ujar Emma.

Menurutnya, Anda tidak perlu membersihkan vagina karena organ tersebut bisa membersihkan diri sendiri. Hal ini dilakukan dengan cara mengeluarkan cairan yang sering kita sebut dengan keputihan. Itulah cara tubuh Anda membersihkan ‘sesuatu’ yang seharusnya tidak ada di vagina Anda, termasuk air mani dan pelumas, bersamaan dengan bakteri yang sering muncul saat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Viral Pamer Foto Jendela Pesawat, Netizen Tertipu Massal

Jangan gunakan sabun yang mengandung parfum

Meski sebenarnya tidak perlu, tapi ada beberapa orang yang merasa risih jika tidak mandi sehabis melakukan aktifitas seksual. Bukan hanya organ intim, namun seluruh tubuh biasanya lengket karena keringat. Nah, jika Anda merupakan salah satu orang yang selalu mandi sehabis melakukan seks, pastikan untuk tidak menggunakan sabun yang mengandung parfum pada vagina Anda.

Bahan kimia ini tidak baik untuk vagina dan bisa menyebabkan infeksi jamur dan bakteri vaginosis. Jadi, jika Anda bersikeras ingin menggunakan sabun setelah seks, pastikan Anda memilih sabun yang bebas dari parfum atau Anda bisa beralih ke tisu basah tanpa parfum.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini