nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suka Koleksi Buku? Begini Cara Merawatnya biar Tidak Cepat Rusak

Pisca Azalea, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 04 196 2013704 suka-koleksi-buku-begini-cara-merawatnya-biar-tidak-cepat-rusak-gDB0Yhlg0n.jpg Begini cara tepat menyimpan buku biar tetap awet dan tidak mudah rusak (Foto: Ebookfriendly)

SETIAP orang pasti memiliki hobi dan kesukannya masing-masing. Ada yang hobi olahraga, bermain musik, mengoleksi barang tertentu, atau membaca buku.

Bagi mereka si pecinta buku, rasanya buku sudah menjadi barang berharga yang harus dirawat sebisa mungkin. Buku yang tidak mendapat perawatan bisa menjadi robek, halamannya berubah kekuningan, atau lapuk dimakan waktu. Lalu, gimana sih cara yang benar merawat buku? Gitaris band Drive, Budi Rahardjo pun membagikan tips merawat buku yang mungkin bisa kamu contoh.

Selain hobi bermusik dan membuat lagu, Budi juga mengaku hobi mengoleksi buku bacaan, khususnya novel. Ia mengaku saat ini sedang menyukai novel-novel berbau crime.

“Kalau gue sih banyak baca novel. Sekarang gue lagi suka baca novel yang genre-nya crime dan detektif-detektif gitu, misalnya John Connolly,” ujar Budi saat berkunjung ke Okezone beberapa saat lalu. Budi juga mengaku punya beberapa caranya sendiri untuk merawat buku-buku koleksinya.

 BACA JUGA : 5 Potret Della Perez Bersama Anaknya, Kompak Banget!

Buka pelan-pelan

Menurutnya, kerusakan pertama yang mungkin terjadi pada sebuah buku adalah dengan membukanya. Tapi, nggak mungkin kan buku nggak dibuka kalau mau dibaca? Oleh karena itu, Budi mengaku selalu membuka bukunya pelan-pelan saat ingin membacanya.

“Kalo gue ngeliat buku itu kerusakan pertamanya karena dibuka. Kalo kita pertama liat buku tuh ‘aduh ini buku bagus banget, nanti pasti abis selesai baca ini bakal baca lagi suatu saat nanti’. Jadi gue bukanya kadang pelan-pelan, sedikit aja, nggak sampe kebuka penuh gitu,” ujarnya.

Menurutnya, apabila buku dibuka secara penuh, rem perekat pada buku lebih berpotensi cepat lepas. Wah, Budi hati-hati banget ya sama bukunya!

Cuci tangan

Budi mengaku memiliki kebiasaan aneh saat hendak membaca buku. Ia tak pernah melewatkan ritual cuci tangan sebelum menyentuh benda kesayangannya ini.

“Kalau mau baca buku, cuci tangan dulu. Emang lebay sih tapi sudah kebiasaan kayak gitu, jadi susah ngilangin kebiasannya,” ujarnya. Menurutnya, tangan yang tidak dicuci bisa saja mengotori cover buku dengan berbagai noda.

Mengeringkan tangan

Setelah mencuci tangan, Budi mengaku selalu mengeringkan tangannya agar bukunya tidak basah. Selain itu, saat membaca buku, ia rutin mengeringkan tangan karena telapak tangannya sering berkeringat.

“Tangan gue kan basah, sering gampang keringetan. Jadi kalau sebelum baca biasanya gue sering ngeringin tangan. Kalau lagi baca pun gue sering gosok-gosok tangan ke celana biar nggak berkeringat,” ucap Budi sambil tertawa.

Simpan buku di rak buku

Menurut Budi, penting untuk menyimpan dan menata buku di rak buku. Tujuannya agar buku tersimpan rapih dan mudah dicari.

“Gue juga suka nyimpen buku di rak buku gitu. Di rumah gue punya satu rak gede, buku ditata rapih supaya suatu saatu nanti bisa baca lagi,” pungkasnya.

Budi mengaku dengan menaruh buku di rak, ia jadi mudah apabila suatu saat ingin membaca buku itu lagi. Ia pun mengaku sering merasakan euforia dan nostalgia tersendiri apabila menemukan buku yang sudah lama tidak ia baca.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini