nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa SMP Main Reog Ponorogo Pakai Papan Tulis Kelas, Endingnya Bikin Netizen Auto Ngakak!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 09:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 04 406 2013391 siswa-smp-main-reog-ponorogo-pakai-papan-tulis-kelas-endingnya-bikin-netizen-auto-ngakak-ury3oEEPjA.jpg Reog Ponogoro di kelas (Foto: Instagram)

BANYAK orang yang mengatakan bahwa masa-masa sekolah adalah momen yang paling indah di dalam kehidupan mereka. Bukan tanpa sebab, pada masa inilah banyak kejadian-kejadian tak terlupakan yang telah mereka lewati bersama para sahabat dan teman sejawat. 

Contoh kecilnya bisa dilihat dari sebuah video yang belum lama ini viral di media sosial. Video yang diunggah oleh akun Instagram @teddy_dl itu menampilkan aksi para siswa SMP yang sedang asyik bermain Reog Ponorogo.

Seperti diketahui, Reog Ponorogo merupakan salah satu kesenian budaya dari Kota Ponorogo, Jawa Timur. Kesenian ini biasanya menampilkan 2 sampai 3 tarian pembuka yang dilakukan oleh 6-8 penari sekaligus. Para penari mengenakan pakaian serba hitam dengan balutan make-up berwarna merah di wajah mereka.

Baca juga :

Pada sesi terakhir akan muncul singa baron, di mana sang pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota raksasa yang terbuat dari bulu merak. Jangan anggap sepele, berat topeng ini bisa mencapai 50-60 kg loh.

Alih-alih mengenakan topeng reog asli, para siswa SMP tadi menggantinya dengan papan tulis yang ada di kelas mereka. Tidak hanya itu, siswa yang ditunjuk menjadi singa barong juga mengenakan beberapa aksesoris pelengkap yakni, tas hitam untuk menutupi kepala sang penari, hingga taplak meja berwarna putih yang dikalungkan di lehernya.

Saking kreatifnya, para siswa juga menggambar sesosok makhluk yang mirip seperti singa jadi-jadian pada bagian tengah papan tulis. Semua perlengkapan sudah siap, aksi mereka pun langsung dimulai.

Pada background video terputar sebuah musik instrumen yang biasa digunakan pada pertunjukkan Reog Ponorogo. Seorang siswa juga tampak membawa selendang hitam yang kemudian digunakan untuk memecut sang singa.

Namun sayang, saat sedang asyik menari, tiba-tiba salah seorang siswi berlari ke dalam kelas untuk memberitahukan bahwa guru mereka telah datang. Para penari pun terlihat panik.

Beruntung dua orang siswa dengan gesit membantu sang singa melepaskan papan tulis yang sedang dipikulnya. Kejutan ternyata belum berakhir.

Pada video kedua, para penari tampak sedang tertidur pulas di bangku belakang setelah pertunjukkan mereka diberhentikan secaea mendadak. Sementara sang pawang, terpaksa dipanggil ke depan kelas untuk menjelaskan aksi “kreatif” mereka.

Hingga berita ini dituliskan, video Reog Ponorogo tersebut telah disaksikan oleh lebih dari 13.000 kali dan mendapat ratusan komentar dari para netizen.

“Hahahaha asik. kelingan jaman sekolah Ya Allah,” tulis akun @ratnadinarp

“Kuat banget yah, sampai papan tulis bisa diangkat,” tulis akun @hai.yu1_

“Ini baru melestarikan budaya negara wkwkwk,” tulis akun @bogengcool17

“Hahaha gakuat ini kenapa lucu banget dah. Kuat banget itu yang bawa papan,” tulis akun @vaniachanza

View this post on Instagram

Opo opoan iki 😂 #dagelan #videolucu

A post shared by Tedy Dwi L (@tedy_dl) on

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini