nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Dulu, 5 Tanda Kamu Punya Kesehatan Seksual yang Prima

Yosua Tobing, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 04 481 2013694 cek-dulu-5-tanda-kamu-punya-kesehatan-seksual-yang-prima-YddaFn1fRt.jpg Orang dengan kehidupan seks yang baik (Foto: Reductress)

KADANG kita lupa untuk megabaikan kesehatan seksual yang baik. Padahal, banyak penyakit menular yang bisa terjadi jika kita mengabaikannya.

"Ungkapan 'kesehatan seksual' secara tradisional mencakup sejumlah kecil topik seputar pencegahan infeksi menular seksual dan kehamilan karena berkaitan dengan tindakan seks," ucap Irene Fehr, pelatih seks dan keintiman. Yang dilansir dari Bustle.

"Meskipun ini masih relevan dan penting, mereka adalah puncak permasalahan. Untuk memahami kesehatan seksual yang baik, kita harus mengambil pengetahuan yang lebih luas untuk hubungan antara seksualitas dan kesejahteraan emosional," lanjutnya. Berikut lima cara para ahli mendefinisikan kesehatan seksual yang baik.

 BACA JUGA : Hati-Hati, 3 Zodiak Ini Terkenal Paling Matre

1. Menjadi pengetahuan seksual

Meskipun Anda mungkin tidak memerlukan gelar dokter untuk mengetahui menjadi sehat secara seksual, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang akhir fisik, yang berarti anatomi organ seksual Anda, serta bagian mentalnya.

"Kesehatan seksual yang baik adalah berpengetahuan luas, introspektif, dan berbelas kasih pada diri sendiri," kata ahli seks CalExotics, Dr. Jill McDevitt.

"Ini tentang merasa baik secara seksual dan emosional, dan memperluas pengetahuan dan kasih sayang itu kepada orang lain," lanjutnya.

2. Ini membuat ruang untuk kesenangan seksual dalam hidup Anda

Anda tidak harus berada dalam suatu hubungan untuk menikmati kesenangan seksual, Anda juga tidak harus memiliki pasangan untuk menjadikannya bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Kesenangan seksual bukan hanya bagian besar dari menjadi manusia, tetapi masturbasi, misalnya, adalah bentuk perawatan diri .

"Mengizinkan diri untuk mengalami kesenangan dan hasrat seksual baik sendirian atau bersama pasangan adalah kesehatan seksual yang baik," kata terapis seks Stefani Threadgil.

"Seperti, menggabungkan kesenangan dan keinginan seksual untuk menciptakan kesenangan seksual untuk pasangan Anda yang artinya membiarkan pasangan Anda merasa diinginkan," lanjutnya.

 

3. Masa lalu yang baik

"Kesehatan seksual yang baik harus mencakup kesehatan mental, emosional, dan fisik seksual kita," kata pelatih cinta bersertifikat dan pembawa acara Radio Ready for Love , Nikki Leigh.

"Agar semuanya baik, kita harus mulai dengan memberi diri kita izin untuk sepenuhnya merangkul dan menikmati seksualitas kita, tanpa rasa bersalah dan malu," lanjutnya.

4. Pengambilan keputusan dengan bijak

"Tubuh dan jiwa bekerja bersama-sama dan saling mempengaruhi," kata Fehr.

"Itulah sebabnya inti dari kesehatan seksual yang baik adalah juga memiliki kekuatan untuk mengambil keputusan atas tubuh Anda, pilihan seksual Anda, dan memiliki hak untuk melaksanakan keputusan-keputusan ini," lanjutnya.

 BACA JUGA : Tak Perlu Mahal, 5 Cara Dekorasi Pernikahan Ini Bakal Curi Perhatian Tamu

5. Ini tentang merasa nyaman dalam ekspresi seksual Anda

"Kesehatan seksual yang baik adalah tentang merasa nyaman memberi dan menerima kesenangan, dan merasa baik di tubuh Anda," kata Fehr.

"Baik melalui ciuman, sentuhan, rangsangan, penetrasi, atau orgasme; dan merasa senang dengan bagaimana Anda mengekspresikan diri dan tidak menyesali apa yang terjadi," lanjutnya.

Tidak selalu mudah untuk dapat mengekspresikan kebutuhan dan keinginan seksual kita, terutama jika mereka cenderung bersandar pada keriting spektrum, tetapi ketika Anda sampai pada titik di mana Anda bisa jujur pada diri sendiri dan pasangan tentang bagian ini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini