nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Manfaat Olahraga Tidak Pakai Celana Dalam, Mau Coba?

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 05:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 04 481 2013783 ternyata-ini-manfaat-olahraga-tidak-pakai-celana-dalam-mau-coba-4tVjO7jmSz.jpg Olahraga tanpa celana dalam (Foto: Skinnyms)

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Ketika berolahraga, setiap orang tentu ingin menggunakan pakaian yang nyaman. Pada perempuan, tak jarang mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mencari pakaian berolahraga.

Pakaian yang biasanya dipilih adalah kaus, tank top atau sport bra. Sedangkan untuk bawahan pilihannya berkisar celana pendek atau legging. Tapi pernahkah ada yang mencoba olahraga tanpa celana dalam? Mungkin hanya dengan memikirkannya membuat tidak nyaman. Namun sebenarnya olahraga tanpa celana dalam membawa sejumlah manfaat.

"Tidak ada bukti ilmiah jika wanita harus mengenakan celana dalam ketika berolahraga. Malah olahraga tanpa menggunakan celana dalam, dapat mengurangi peluang mendapatkan ragi atau infeksi bakteri," ujar seorang ob-gyn dari Mississippi, Lakeisha Richardson, MD seperti yang dikutip Okezone dari Health, Selasa (5/2/2019).

Celana olahraga plus celana dalam yang terbuat dari sintetis tidak memungkinkan keringat mengering. Bila dibiarkan, hal itu dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri atau pertumbuhan bakteri berlebih pada Miss V. Pada gilirannya kondisi ini menyebabkan infeksi ragi atau bakteri.

olahraga

Akan tetapi, bukan berarti wanita bisa langsung tidak menggunakan celana dalam saat beroahraga. Sebab ada aturannya pula terkait hal tersebut yaitu pemilihan celana olahraga harus tepat. Dr .Richardson merekomendasikan untuk tetap mengenakan pada celana yang kencang, bernapas, dan lembap.

Celana olahraga seperti itu dapat membantu selangkangan lebih mudah mengering ketika keringat membanjiri. Selain itu, celana jenis tersebut tidak banyak bergerak sehingga mengurangi risiko terjadinya iritasi karena gesekan celana dengan kulit.

"Pastikan celana tidak bergesekan dengan labia. Sebab gesekan secara konsisten dapat menyebabkan lecet, bengkak, atau radang labia," kata Dr. Richardson.

Sementara itu, menurut dokter dari Stanford University, Leah Millheiser, MD, wanita tetap harus mengganti celana yang basah segera setelah latihan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah infeksi jamur.

"Jangan pernah memakai celana olahraga yang sama dua hari berturut-turut sebab bakteri tetap menempel. Jadi pastikan celana selalu dicuci sehabis dipakai berolahraga," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini