nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cantiknya Lilin Raksasa Vihara Tertua di Cirebon yang Diburu Pencinta Fotografi

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 11:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 05 406 2013913 cantiknya-lilin-raksasa-vihara-tertua-di-cirebon-yang-diburu-pencinta-fotografi-iX9AciAsXr.JPG Lilin raksasa di Vihara Dewi Welas Asih Cirebon (Foto: Faturahman/Okezone)

Seseorang yang senang menggeluti dunia fotografi, tentunya akan mencari tempat yang menarik untuk memuaskan hasratnya, terutama dalam mengabadikan sesuatu. Salah satu Kota yang memiliki spot foto menarik adalah Kota Cirebon. Tercatat, Kota ini memiliki 73 situs bersejarah dengan pesonanya tersendiri.

Sebut saja tempat peribadatan umat Budha di Cirebon, yakni Vihara Dewi Welas Asih. Vihara tertua di Cirebon dan sekitarnya ini, menyimpan berbagai keunikan yang tidak dimiliki tempat lainnya, khususnya dalam perayaan Imlek. Pada momen tersebut, Vihara Dewi Welas Asih akan memasang ratusan lilin bewarna merah secara berurutan, mulai dari yang terkecil hingga berukuran raksasa.

Banyak komunitas fotografi yang mendatangi tempat tersebut. Tak hanya mengabadikan momen, namun ada juga dari mereka yang datang untuk mencari tahu, makna dari pemasangan ratusan lilin tersebut. Muhammad Jufri salah satunya. Dirinya mengaku sangat tertarik dengan lilin raksasa tersebut.

Lilin Raksasa

"Ini sangat menarik, apalagi ada yang berukuran raksasa, " ujarnya, kepada Okezone, Senin (4/2/2019) malam.

Dengan bermodalkan Kamera handphonenya, ia sangat leluasa mengabadikan berbagai angle foto dari lilin raksasa tersebut.

"Tadi ada yang menyalakan lilin raksasanya, jadi saya tadi cari sudut pengambilan gambar yang menarik, " ucap dia.

Lilin Raksasa

Sementara itu, di tempat yang sama, Pembina Umat Budha Vihara Dewi Welas Asih, Romo Djunawi menjelaskan, makna dari lilin-lilin tersebut adalah sebagai lambang penerangan. Maksudnya, saat dalam mengarungi perjalanan hidup, masyarakat Tionghoa berharap supaya diberi kemudahkan dan kelancaran, seperti lilin yang menyinari kehidupan. Lilin-lilin yang dinyalakan malam ini, tentu menambah suasana khidmat saat berdoa di Vihara.

Lilin Raksasa

Selain memiliki makna penerangan, ratusan lilin yang sudah dipesan oleh satu dan dua orang atau lebih tersebut, dimaksudkan untuk bernazar pada Imlek tahun ini. Lilin yang berukuran raksasa sendiri, biasanya dipesan dengan harga Rp.45 juta. Lilin-lilin itu biasanya disumbangkan oleh masyarakat Tionghoa di Cirebon, namun sebagian ada juga yang didatangkan dari Semarang.

Selain lilin raksasa, para fotografer juga biasanya akan mengabadikan patung Dewi Kwan Im. Patung tersebut sudah ada sejak masyarakat Tionghoa datang ke Cirebon. Ada juga jangkar kapal, yang diketahui dimiliki oleh armada besar Laksamana Cheng Ho, saat datang ke Cirebon.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini