nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayah Vs Ibu, Siapa yang Lebih Bahagia Kala Urus Anak?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 09:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 06 196 2014225 ayah-vs-ibu-siapa-yang-lebih-bahagia-kala-urus-anak-32kOXxC3eR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBUAH penelitian menyebut para pria mengalami lebih banyak kesejahteraan dan tingkat kepuasan yang lebih tinggi ketimbang ibu dalam peran sebagai orangtua. Para pria, disebut lebih senang ketika berinteraksi dengan anak-anak ketimbang wanita.

Para peneliti dari University of California di AS menganalisis tiga studi terpisah, terdiri dari 18.000 orang dengan ukuran skala kebahagiaan, kepuasan psikologis, gejala depresi dan stres. Dua studi pertama membandingkan kesejahteraan orang tua dengan orang yang tidak memiliki anak.

Baca Juga: Jangan Main-Main di 2019, Anak Indigo Furi Harun Ramalkan Tahun Ini Bayar Karma!

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal "Personality and Social Psychology Bulletin", menunjukkan bahwa para pria melaporkan kepuasan yang lebih besar dengan kehidupan mereka. Mereka juga melaporkan emosi positif yang lebih besar dan lebih sedikit kerepotan setiap hari daripada ibu, atau saudara atau teman sebaya tanpa anak.

Dilansir dari situs The Health Site, Mereka bahkan menunjukkan lebih sedikit gejala depresi daripada pria tanpa anak, sedangkan ibu melaporkan lebih banyak gejala depresi daripada wanita yang tidak memiliki anak.

Pria pun lebih bahagia saat merawat anak-anak mereka daripada wanita, yang menunjukkan bahwa gender secara signifikan memengaruhi hubungan antara pengasuhan anak dan kebahagiaan. Selain itu, dalam hal interaksi sehari-hari, pria juga melaporkan kebahagiaan yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Potret Della Perez Bersama Anaknya, Kompak Banget!

Satu penjelasan yang mungkin adalah ayah lebih cenderung mengindikasikan mereka tengah bermain dengan anak-anak, saat mereka merawat mereka atau berinteraksi dengan mereka dibandingkan dengan para ibu.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini