nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Alasan Anda Benci Diri Sendiri hingga Bikin Depresi

Bagas Taruna , Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 10:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 06 196 2014251 5-alasan-anda-benci-diri-sendiri-hingga-bikin-depresi-iZQMLFb15s.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang depresi akhirnya menyalahkan keadaan yang tidak berpihak kepada dirinya. Mereka biasanya merasa seperti dikucilkan, menyalahkan orang lain yang tidak perhatian ataupun keadaan di sekitar mereka.

Padahal, musuh terbesar dari depresi adalah diri sendiri. Banyak orang yang sering frustrasi karena tidak mampu memotivasi dirinya. Bagaimana dengan Anda? Melansir Lifehack, ada 5 alasan mengapa kita frustrasi dengan diri sendiri.

Baca Juga: Jangan Main-Main di 2019, Anak Indigo Furi Harun Ramalkan Tahun Ini Bayar Karma!

1. Tak mampu capai ekspektasi

Boleh saja punya ambisi besar untuk menggapai mimpi yang diidamkan. Tetapi ingatlah bahwa setiap manusia sudah punya jalan kehidupan baik dari asmara, karier, dan kesehatan yang diatur oleh Tuhan.

Mungkin saja upaya demi cita-cita itu tidak tercapai dan pada akhirnya Anda menyalahkan orang lain. Hilangkan pikiran itu dan buatlah tujuan yang realistis. Pasti Anda akan nyaman dengan kondisi tersebut seiring berjalannya waktu.

2. Belum bisa mengapresiasi hidup

Manusia akan selalu ingin lebih dan lagi. Ingat bahwa hidup Anda sudah diberkahi dengan hal-hal kecil yang bermanfaat. Anda masih mempunyai sistem tubuh yang bekerja dengan baik, sementara banyak sana yang iri karena kekurangan fisiknya menghambat rutinitas, namun tidak patah semangat menjalani hari demi hari. Jika sudah gagal menghargai hal kecil saja, pastinya Anda akan sulit menghargai diri sendiri ke depannya.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Wanita Tiba-Tiba Menangis saat Melakukan Seks

3. Terlalu keras pada diri sendiri

Apakah Anda adalah orang yang suka menghukum diri sendiri demi menjaga citra perfeksionis di mata orang? Ini malah membuat Anda depresi di hari nanti. Cobalah untuk mencari pendapat orang lain mengenai masalah yang menimpa Anda. Pendapat dari orang ketiga inilah yang mampu membuat sudut pandang baru bagi Anda.

4. Ingin jalan pintas

Siapa yang tak suka jalan pintas untuk menyelesaikan masalah? Tetapi ingat, bahwa setiap cara instan belum tentu berpengaruh baik bagi Anda. Bisa jadi cara kerja yang lebih sulit dan menantang malah berdampak lebih bagi diri sendiri.

Anda bisa menuliskan pengalaman baru dalam pikiran berkat menempuh cara ekstrem dalam menyelesaikan masalah pribadi, lho. Nantinya Anda bisa berbagi kepada orang lain tentang pengalaman itu dan cekikikan sendiri bahwa dulu Anda pernah melewati fase menyebalkan itu.

5. Meragukan diri sendiri

Masalah terbesar yang sering dialami tiap individu di dunia adalah ragu akan kemampuan diri. Ketahuilah bahwa jika setiap orang punya keunikannya masing-masing. Masih ingat ketika orangtua memberi semangat pada Anda supaya tampil berani di depan kelas? Sekarang adalah waktunya Anda yang memberi semangat dan tidak lagi meragukan diri sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini