nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Ini Membuktikan Ethiopia Negara Anti-Mainstream

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 06 406 2014485 7-fakta-ini-membuktikan-ethiopia-negara-anti-mainstream-imuzUTfCIE.jpg Ethiopia (Foto: Path)

MENDENGAR kata Ethiopia yang terlintas di benak kita mungkin negara miskin dan gizi buruk. Tapi tahukah Anda, sebenarnya keadaan negara tersebut sudah mulai membaik. Bahkan perekonomiannya menjadi salah satu yang paling cepat berkembang di dunia.

Fakta mengejutkan dari Ethiopia bukan itu saja. Di samping keanekaragaman pemandangan yang menakjubkan serta budaya dan sejarah yang memikat, masih ada beberapa fakta lain. Berikut ulasannya seperti yang Okezone rangkum dari Intrepid Travel, Rabu (6/2/2019):

1. Memiliki 13 bulan dalam setahun

Banyak budaya yang memiliki kalender sendiri termasuk Ethiopia. Bedanya, bila kebanyakan masih berpegangan dalam setahun ada 12 bulan, negara ini memiliki 13 bulan dalam setahun. Penanggalan ini berdasarkan keyakinan Spinal Tap dimana tambahan satu bulan lagi berarti lebih baik.

 Baca Juga: Kelenteng Talang, Saksi Keharmonisan Masyarakat Tionghoa dengan Muslim Cirebon

2. Memiliki penghitungan waktu sendiri

Tak hanya kalender, Ethiopia juga memiliki penghitungan waktunya sendiri. Orang-orang di sana percaya matahari terbit pada pukul 1 dan terbenam pada pukul 12. Dengan begitu mereka memiliki hari yang lebih singkat.

3. Memiliki kemandirian

Ethiopia adalah satu-satunya negara di Afrika yang tidak pernah dikendalikan kolonial. Meskipun pada 1935 pasukan Italia pernah melakukan penjajahan dan berhasil menduduki negara tersebut secara militer, tapi itu hanya berlangsung selama enam tahun. Pasukan dari negara Ethiopia mengobarkan oposisi militer sepanjang waktu dan seluruh negara tidak pernah dikendalikan.

 Baca Juga: Menikmati Keindahan Lereng Gunung Argopuro Bersama Keluarga

4. Dikenal sebagai negara festival

Ethiopia adalah negara yang penuh dengan festival semarak dan penuh warna. Salah satu festival terbesarnya adalah Timket yaitu festival tahunan selama tiga hari yang menghormati baptisan Yesus Kristus di sungai Yordan. Biasanya ribuan penduduk setempat mengenakan pakaian tradisional putih untuk mengikuti festival.

 

5. Tempat kelahiran gerakan Rastafara

Mungkin banyak yang berpikir gerakan Rastafara berasal dari Jamaika. Padahal nyatanya tidak demikian. Gerakan ini memang berkembang di Jamaika tapi Tanah Air spiritualnya sebenarnya adalah Ethiopia. Dalam bahasa Amharik, 'ras' adalah sebutan yang mirip dengan kepala suku, dan 'tafari' nama pertama Kaisar Haile Selassie I. Pada dasarnya gerakan ini menempatkan Selassie sebagai inkarnasi Tuhan.

6. Tempat orang tertua di dunia

Beberapa temuan arkeologis di wilayah Afar Ethiopia membuktikan negara tersebut adalah tempat peradaban dimulai. Pada tahun 1972, Donald Johanson dan Tim D. White menemukan Lucy, kerangka hominid berusia 3,2 juta tahun.

7. Negara vegetarian

Beberapa masakan Ethiopia dikenal paling lezat, paling sehat, dan paling beragam di benua ini. Selain itu, negara ini merupakan surga bagi vegetarian. Alasannya sederhana karena sebagian besar orang Etiopia mengikuti rangkaian kekristenan ortodoks tertentu yang melarang makan produk hewani apa pun pada hari Rabu dan Jumat. Sejumlah restoran pun cenderung selalu memiliki semur vegan yang pedas dan lezat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini