nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Jongkok yang Bikin Anda Tak Perlu ke Gym

Pisca Azalea, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 06 481 2014399 5-manfaat-jongkok-yang-bikin-anda-tak-perlu-ke-gym-W3sIsEWasE.jpg Ilustrasi (Foto: Runtastic)

Siapa yang tak pernah jongkok? Rasanya jongkok sudah menjadi hal yang biasa bagi orang Indonesia. Kita tahu bahwa jongkok dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan hampir setiap hari kita melakukannya.

Jongkok sendiri adalah posisi yang menempatkan tubuh setengah berdiri dengan menekuk lutut. Tapi pernahkah Anda berpikir jongkok memiliki manfaat tertentu? Melansir Life and Health, Rabu (6/2/2019), berikut 5 alasan mengapa jongkok memiliki manfaat.

Jongkok adalah bakat alami bawaan manusia

Alasan pertama mengapa jongkok itu penting karena jongkok adalah hal alami yang dimiliki manusia. Ya, hampir setiap hari rasanya kita tak lepas dari jongkok, mulai dari duduk hingga saat menggunakan toilet. Semakin banyak Anda membangun otot saat jongkok, yaitu paha depan, paha belakang, betis, dan perut, Anda akan mendapatkan fungsi otot secara normal dan bahkan secara optimal.

Baca Juga: Unik, Lihat Gaya Ibu-Ibu yang Pilih Yoga di Tepi Sawah

Jongkok meningkatkan mobilitas dan keseimbangan

Bagi sebagian orang, jongkok adalah hal yang sulit dilakukan terutama bagi orang-orang Barat. Itu dikarenakan mereka tidak terlatih atau tidak terbiasa hingga terasa sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, berjongkok dapat melatih diri untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Jika dirasa sulit untuk melakukannya, Anda bisa mulai berjongkok dengan menggunakan alat untuk membantu Anda.

Jongkok meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Heart Journal mengatakan bahwa berjongkok dari posisi berdiri dapat meningkatkan tekanan darah arteri, kerja jantung, dan volume darah sentral pada subjek normal.

Sederhananya, jongkok membuat darah bergerak dan mengalir ke seluruh tubuh Anda dengan cara yang lebih efisien. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan yang baik karena darah membawa oksigen ke otak dan semua bagian tubuh lainnya. Sedangkan sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan diabetes, penyakit tiroid, hipertensi, dan obesitas.

Baca Juga: Sampai Kapan DBD Bakal Mengintai?

Jongkok dapat memperkuat kaki dan seluruh tubuh

Berjongkok memiliki kemampuan unik untuk mendorong perkembangan otot di seluruh tubuh Anda. Karena jongkok adalah momen gabungan yang merekrut sekitar 70% dari massa otot tubuh Anda, testosteron alami, hormon pertumbuhan, dan hormon anabolik (pembangun) lainnya.

Hormon anabolik alami ini dikeluarkan untuk tujuan membantu tubuh Anda membangun otot. Jadi, jangan abaikan jongkok karena itu cara alami untuk meningkatkan kemampuan Anda membangun otot.

Jongkok membakar lemak

Ketika memasuki gym, sebagian besar Anda akan melihat deretan treadmill, ellipticals, recumbent bikes, dan sebagainya. Masing-masing alat ini memiliki fitur untuk pembakaran lemak. Tapi tahukah Anda, berjongkok sebenarnya juga mendapatkan manfaat untuk membakar sejumlah besar kalori loh. Tentu saja itu harus dilakukan berulang kali untuk melihat hasilnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini