nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Ussy Sulistyowati Buat Anak Belajar Berani dan Percaya Diri

Risda Nadiva, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 17:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 07 196 2014927 cara-ussy-sulistyowati-buat-anak-belajar-berani-dan-percaya-diri-vMPsfv6xKw.jpg Ussy Sulistiawaty biasakan anak bereksplorasi dengan kata iya boleh (Foto: @ussypratama/Instagram)

Melihat tumbuh kembang anak yang sangat aktif bermain, sepertinya para orangtua harus memberinya banyak stimulasi agar merangsang otak anak.

Bukan tanpa sebab, hal ini akan berpengaruh pada psikologis dan pribadi anak. Apalagi usia anak mulai dari 2-5 tahun merupakan masa emas untuk mengeksplor dirinya terhadap lingkungan sekitar. Belum lagi saat itulah anak akan belajar menyesuaikan diri, seperti cara untuk berpikir, berempati, dan melakukan bermacam hal kreatif lainnya.

Untuk itu, psikolog Ratih Ibrahim menyarankan para orangtua perlu mengatakan ‘iya boleh’ pada anaknya agar mendorong mereka bebas bereksplorasi. Hal itu tentunya juga di bawah pengawasan orangtua supaya mencapai tujuan tersebut dengan tepat sesuai usia dan tahap perkembangannya.

“Kadang orangtua suka terlalu sayang anaknya, jadinya ngelarang melakukan ini itu. Kalau saja mereka bilang ‘iya boleh’ anak akan belajar mengeksplorasi diri dan lingkungan. Sehingga ia tumbuh menjadi berani, cerdas, dan kreatif,” katanya saat ditemui Okezone saat acara press conference ‘1 Juta Iya Boleh’ pada Kamis (7/2/2019).

Ussy

Ia juga menambahkan agar penerapan ‘iya boleh’ pada anak harus memastikan si kecil sudah siap untuk ‘dibebaskan’, membantu anak agar tampil pede, dan pastikan ruang eksplorasinya aman, seperti main di taman.

Ditemui pada acara yang sama, aktris cantik Ussy Sulistiawaty juga sudah menerapkan ‘iya boleh’ pada anaknya, Sheva. Ia setuju jika melakukan hal demikian justru Sheva menjadi lebih pede, mandiri, kreatif, hingga peduli dan lebih berempati.

“Waktu itu Sheva yang nepok saudaranya tidur, katanya “bobo yah”, “ kata ibu dari empat anak ini. Ussy juga tak menampik sikap anaknya ini lebih percaya diri dibanding anaknya yang lain.

Istri Andhika Pratama ini juga mengaku kalau dirinya pernah melarang sang anak jika main dekat kolam. Namun, perlahan ia sadar jika dibiarkan penasaran anak justru makin ‘bandel’. Untuk itu, dia membebaskan Sheva bermain di tepi kolam dengan pengawasannya. Tak lupa ia menyarankan agar para ibu lainnya mempraktikkan cara ini agar anaknya belajar berani dan percaya diri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini