nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekurangan Nutrisi Bisa Picu Gangguan Kesehatan Mental

Pisca Azalea, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 13:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 07 481 2014774 kekurangan-nutrisi-bisa-picu-gangguan-kesehatan-mental-k9HCxo1O8g.jpg Ilustrasi (Foto: Heart)

Sebagian besar dari kita banyak menghabiskan waktu di dalam pikiran kita sendiri. Mulai dari mengkhawatirkan masa depan hingga berfokus pada bagian-bagian kehidupan yang membuat kita tidak puas, dan tanpa disadari dapat memengaruhi emosi dan kesehatan mental Anda.

Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan begitu saja bukan? Anda harus mencari cara dan solusi untuk meningkatkan kesehatan emosi dan mental Anda. Tapi tahukah Anda ternyata nutrisi dari makanan yang kita konsumsi, memainkan peran besar untuk meningkatkan kesehatan emosi dan mental loh.

Masih banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya nutrisi yang kita konsumsi berperan dalam kesehatan mental. Nutrisi yang tepat sangat penting bagi sistem saraf kita agar bekerja secara efisien.

 Baca Juga: 5 Trik Menulis Bio di Aplikasi Kencan Biar Gampang Dilirik

Melansir Life and Health, Kamis (7/2/2019), kebiasaan makan dan minum yang salah dapat berdampak negatif pada pikiran dan tindakan kita. Nafsu makan yang berlebih dan tidak terkendali juga dapat menimbulkan alasan yang buruk, dan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan baik dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih sabar. Hal Ini di karenakan kontrol diri terhadap nafsu makan yang dilakukan, sehingga mengesampingkan kepuasan instan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, makan diet seimbang dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat membantu perasaan menjadi lebih baik, dan sebaliknya nutrisi yang buruk dari makanan yang kita konsumsi juga menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental yang memengaruhi perasaan dan cara berpikir kita.

 

Sebenarnya perubahan negatif dalam suasana hati secara keseluruhan terjadi ketika tidak secara teratur mengonsumsi buah dan sayuran segar. Diet yang kaya akan vitamin dan mineral langsung dari buah-buahan dan sayuran utuh adalah yang terbaik.

 Baca Juga: Video Viral Penjual Mainan 'Lemah Gemulai' Ini Dijamin Bikin Bete Kamu Hilang!

Apa sih hubungan antara kesehatan mental dengan nutrisi? Ya, masih sedikit yang memahami hubungan kuat antara nutrisi dan gangguan kesehatan mental. Sudah banyak studi yang dilakukan di banyak negara Asia dan Amerika untuk menunjukkan hubungan antara kekurangan gizi dengan gangguan mental, yang umumnya seperti depresi dan kecemasan.

Saraf pneumogastriklah yang membentuk hubungan antara otak dan lambung. Misalnya jika makan berlebih itu akan menyebabkan pikiran kita menjadi kabur, pelupa, dan mudah tersinggung sedangkan menjaga perut kita dalam kondisi sehat akan membuat pikiran tetap kuat. Penting untuk dicatat bahwa gaya hidup akan memengaruhi kesehatan mental dan fisik kita.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini