nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biar Makin Cantik, 5 Cara Mencegah Kulit Kering di Musim Hujan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 22:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 08 194 2015530 biar-makin-cantik-5-cara-mencegah-kulit-kering-di-musim-hujan-agI4R5odcZ.jpg Merawat wajah agar tidak kering di musim hujan (Foto: Mirror)

SEMINGGU terakhir intensitas hujan di kawasan Jabodetabek terbilang cukup tinggi. Hal ini membuat suhu udara menjadi lebih rendah. Tahukah Anda bila cuaca dingin dapat membuat kulit terutama bagian wajah menjadi kering? Kulit kering dapat menyebabkan dehidrasi, kemerahan, dermatitis, peradangan, gatal, dan pecah-pecah. Bahkan dapat memperburuk kulit yang tengah mengalami masalah seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

Perubahan suhu dapat mengganggu pelindung alami kulit dan menyebabkan dehidrasi. Kondisi itu juga membuat iritasi menjadi lebih mudah terjadi karena kulit lebih sensitif. Terlebih bila terpapar bahan kimia seperti histamin. Oleh karenanya, menjaga kulit dengan produk perawatan di musim hujan seperti sekarang ini tidak bisa dianggap sepele.

Melansir Independent, Jumat (8/2/2019), ada beberapa produk perawatan yang dapat menjaga kondisi kulit wajah di cuaca dingin. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum Okezone.

 BACA JUGA : Hari Pers Nasional, Ini 7 Promo yang Bisa Dinikmati Wartawan

1. Pembersih

Membersihkan wajah dengan sabun sering dipilih oleh banyak orang. Tapi sebenarnya sabun dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga membuat kulit semakin kering. Untuk menyiasatinya, gunakan pembersih agar wajah terbebas dari kotoran. Gunakan pembersih dengan surfaktan lembut dan bahan-bahan penenang kulit seperti allantoin untuk meminimalkan efek pengeringan.

2. Pelembap

Pada cuaca dingin, tak cukup hanya mengoleskan pelembap biasa untuk menghidrasi kulit. Pilihlah pelembap yang mengandung asam hialuronat dan ceramide. Asam hialuronat dapat menjaga kelembapan sehingga kulit tetap terhidrasi. Ceramide membantu membentuk penghalang kulit dan mempertahankan kelembapan. Untuk kulit sensitif dan kering, oleskan pelembap setidaknya dua kali sehari. Sedangkan untuk kulit yang sangat kering gunakan krim atau salep yang lebih tebal.

 

3. Toner

Saat cuaca dingin, pastikan untuk menggunakan toner yang tidak terlalu keras. Hindari toner yang mengandung retinol karena dapat menyebabkan kekeringan kulit. Gunakan toner normal yang lebih menghidrasi kulit.

 BACA JUGA : Jempol Terlalu Melengkung, Tanda Meghan Markle Akan Melahirkan Lebih Cepat?

4. SPF

Meskipun kelihatannya matahari tertutup awan hitam saat musim hujan, tapi sebenarnya pancaran sinar matahari tidak berkurang. Sinar itu tetap mengandung UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit. Oleh karenanya, penggunaan tabir surya tetap diperlukan. Gunakanlah tabir surya dengan SPF 30.

5. Probiotik

Selain menggunakan produk perawatan untuk mencegah kulit kering di musim hujan, probiotik juga dibutuhkan. Usus adalah awal untuk membuat kulit sehat. Maka dari itu, Anda harus mengonsumsi probiotik yang memberi makan usus sehingga dapat berfungsi dengan baik. Probiotik ditemukan pada makanan seperti yoghurt, keju, kimchi, dan sauerkraut. Atau bisa juga mendapatkannya dari suplemen makanan. Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di usus.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini