nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Sepatu Custom, Ini Alasan Banyak Orang Rela Bayar Mahal

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 23:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 08 194 2015568 tren-sepatu-custom-ini-alasan-banyak-orang-rela-bayar-mahal-cYSoLsRROx.jpg Sneakers Custom (Foto: Instagram/@Nevertoolavish)

SEPATU kini tak sebatas hanya sebagai pelengkap dalam berpenampilan. Sepatu seperti sneaker telah menjadi item fashion yang mendapat perhatian dari masyarakat. Terbukti dengan munculnya tren sneaker merek tertentu yang membuat masyarakat ingin 'ikut-ikutan' membeli.

Akan tetapi, di samping model sepatu dari merek tertentu yang dijual di pasaran, masyarakat juga tertarik untuk memiliki sepatu dengan desain khusus alias custom. Tak bisa dipungkiri, ada kebanggaan tersendiri saat mengenakan sebuah barang yang tidak dimiliki oleh orang lain. Hal ini diakui oleh Owner Never Too Lavish, Muhammad Haudy.

"Saat ini permintaan untuk sepatu custom bertambah, sustain ada, growth lumayan signifikan. Salah satu faktornya karena customer tidak mendapatkan sepatu yang mereka inginkan di toko. Dari situlah kemudian mereka memilih sepatu custom," ujar Haudy saat ditemui Okezone dalam acara Jakarta Sneaker Day, di Jakarta.

 BACA JUGA : Di Tempat Makan Seafood Ini Dilayani Pria Kekar Tapi Manjah

Menurutnya, meskipun dalam pembuatan sepatu custom jauh lebih sulit, tapi jauh lebih bernilai bagi customer. "Mereka mendapatkan produk berdasarkan permintaan, itu experience yang kami sediakan kepada customer. Mereka kami ajak ngobrol sukanya seperti apa, temanya mau bagaimana, apa yang diinginkan. Dengan begitu customer tidak terlalu sensitif soal harga," terang Haudy.

Dirinya juga menjelaskan bila pasar untuk sepatu custom masih didominasi oleh laki-laki. Mereka yang tertarik untuk membuat sepatu custom berusia 18-45 tahun. Sementara itu, untuk membuat sepatu custom ada beberapa proses.

Pertama, mengobrol seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya imajinasi customer akan ditransformasikan ke dalam sebuah mock-art dan kemudian menjadi handpainted Setelah itu, barulah sepatu didesain oleh seniman lokal berdasarkan hasil imajinasi tersebut.

"Sepatu ini membuat customer punya experience sendiri bahwa apa yang mereka imajinasikan bisa bertransformasi ke barang kepunyaannya. Maka tak heran kalau permintaannya macam-macam, variatif, banyak hal yang tidak disangka diminta untuk dibuat. Namanya imajinasi 'kan enggak bisa ditebak. Tapi dengan begitu mereka lebih bangga, lebih happy pakai sepatunya," papar Haudy.

Untuk mendapatkan sepatu custom, biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp3-5 jutaan. Harga ditentukan dari konsep dan jenis sepatunya. Selain itu, customer pun harus menyediakan sepatunya sendiri.

Tak hanya mendesain sepatu, Haudy mengatakan pihaknya menyediakan jasa bongkar pasang atau decon recon sepatu lama sehingga tampak lebih menarik untuk dikenakan.

 

BACA JUGA : Jess No Limit Bongkar Rahasia Jadi Youtuber Gaming Sukses

"Sejak Agustus lalu kami mulai menawarkan jasa bongkar pasang dimana apapun pada sepatu bisa diganti, entah itu kulit maupun polanya. Sama seperti sepatu handpainted, sepatu decon recon ini juga sesuai keinginan customer. Waktu pengerjaannya memakan waktu satu bulan dengan biaya Rp10-15 juta, tergantung konsep, jenis kulit, dan jenis sepatu," pungkas Haudy.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini