nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kaladama dan Tahu Gejrot

Fathnur Rohman, Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 19:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 09 298 2015810 serupa-tapi-tak-sama-ini-bedanya-kaladama-dan-tahun-gejrot-jqMMk9ZF6l.JPG Kaladama, makanan khas Cirebon (Foto: Fathnur Rohman/Okezone)

Selain terkenal akan wisata sejarahnya, Cirebon ternyata memiliki sejumlah kuliner khas yang sangat lezat untuk dinikmati. Mungkin, sebagian besar dari masyarakat hanya mengetahui beberapa makanan khas dari Cirebon, seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, dan sebagainya. Namun, ada juga makanan khas yang sampai saat ini, belum diketahui orang-orang.

Makanan khas ini bernama Kaladama. Sekilas mungkin mirip tahu gejrot, terbuat dari irisan tahu yang diberi kecap manis dan gurih, serta ditambah irisan cabe rawit, bawang merah, disajikan di atas piring gerabah kecil dengan menggunakan tusukan atau biting.

 

Menurut Marta (49), salah satu pedagang Kaladama yang hanya bisa dijumpai di daerah Cirebon Timur itu mengatakan, yang membedakan Kaladama dengan tahu gejrot ialah, karena terdapat irisan ketupat dan tahunya juga lebih tebal.

 Baca Juga: 5 Minuman Alami Pengusir Flu yang Mujarab

"Makanan ini biasanya ditemukan di wilayah Astanajapura, Lemahabang, dan Karangwareng," ucap dia, saat ditemui Okezone, belum lama ini.

 

Dirinya menjelaskan, nama Kaldama sendiri berasal dari kata bahasa Sunda, yakni 'Ka, lada mang' atau yang artinya 'yang pedas mang'. Ada juga orang yang menyebut makanan khas ini dengan nama kupat tahu.

 Baca Juga: 5 Presenter Cantik Ini Senang Bertualang, Siapa Idolamu?

"Tahunya lebih tebal, karena wilayah Cipeujeuh sendiri terdapat banyak pabrik tahu yang biasa digunakan untuk dijual di pasar, dan juga untuk pedagang kaladama," tambahnya.

 

Dengan isian irisan tahu dan ketupat, makanan yang dijual dengan harga Rp5.000 ini, dijamin akan lebih mengenyangkan, dibandingkan dengan tahu gejrot.

"Satu porsi cuman Rp5000. Pembeli sudah kenyang dan dapat banyak, kalau tahu gejrot kan cuman sedikit," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini