nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyedap Rasa Bikin Kita Malas Olahraga, Kok Bisa?

Pisca Azalea, Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 08:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 09 481 2015659 penyedap-rasa-bikin-kita-malas-olahraga-kok-bisa-YfHJVAAAOS.jpg Penyedap rasa bikin kita malas olahraga (Foto: Verywellfit)

SEBERAPA sering Anda berolahraga? Seperti yang sudah kita ketahui aktivitas fisik ini akan membuat tubuh kita bugar dan sehat tentunya. Namun, terkadang ada banyak alasan bagi seseorang merasa terlalu lelah dan malas untuk pergi ke gym atau sekadar berolahraga di rumah.

Melansir First For Woman, Sabtu(9/2/2019), sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal medis Circulation telah menemukan penyebab lain yang membuat kebanyakan orang malas untuk melakukan olahraga, yakni dari makanan yang kita konsumsi.

 BACA JUGA : Suka Kebebasan, 3 Zodiak Ini Paling Cocok dengan Aquarius

Ini bukan berbicara tentang banyaknya makanan yang dikonsumsi tetapi dari zat aditif yang ditambahkan ke dalam makanan kita. Zat aditif sendiri adalah zat yang ditambahkan ke dalam makanan sebagai penyedap rasa, penambah warna, dan pengawet yang umumnya dapat ditemukan di toko-toko yang sering kita beli.

 

Para peneliti dibalik penelitian ini mengklaim bahwa fosfat anorganik yang ditambahkan ke dalam makanan sebagai penambah rasa atau membuat makanan awet untuk disimpan lebih lama bisa menjadi pemicu rasa malas kita. "Data kami menunjukkan efek merugikan untuk metabolisme asam lemak, otot rangka, dan kapasitas latihan, akibat dari penggunaan fosfat anorganik yang berlebih pada makanan," menurut para peneliti.

Itu berarti bahwa makanan yang diproses dengan penggunaan fosfat anorganik dalam jumlah besar telah terbukti mengurangi kemampuan seseorang untuk berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama. Studi ini telah mengamati peserta dari Dallas Heart Study yang mengenakan monitor aktivitas fisik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi fosfat menunjukkan kemampuan untuk bergerak lebih sedikit dan cenderung tidak mampu untuk menghasilkan asam lemak yang dibutuhkan untuk otot.

Penting untuk Anda mengetahui perbedaan antara fosfat organik dan anorganik. Kandungan fosfat yang muncul secara alami dalam makanan, itu baik untuk kita. Namun, masalahnya muncul ketika Anda mengonsumsi makanan olahan dalam jumlah besar, termasuk minuman ringan dan makanan yang dibekukan. Karena selain membuat Anda merasa lelah, ini juga dapat sangat merugikan bagi mereka yang memiliki masalah ginjal.

 BACA JUGA : Pengalaman Spiritual Orang Atheis Ketika Mati Suri Membuatnya Percaya Surga

Jika Anda khawatir tentang makanan yang Anda beli , lebih baik membeli sayuran segar yang tidak dikemas. Namun, jika malas untuk memasak bahan makanan langsung, Anda tetap bisa membeli makanan instan tetapi periksa terlebih dahulu komposisi bahan makanan siap saji tersebut, apakah berlebiha atau tidak.

Memang saat ini tidak ada peraturan tentang seberapa banyak dari perusahaan makanan pengawet ini bisa secara hukum menambah zat aditif ke dalam produk mereka. Oleh karena itu, Anda dapat membantu dengan mengurangi jumlah yang Anda dan keluarga konsumsi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini