nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Kemegahan Gerbang Tembolaq, Ikon Baru Kota Mataram yang Instagramable

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2019 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 10 406 2015964 mengintip-kemegahan-gerbang-tembolaq-ikon-baru-kota-mataram-yang-instagramable-ARPIQt6g69.jpg Ikon Baru Mataram (Foto: Ist)

Sebagai salah satu pusat wisata di Indonesia, Lombok terus berbenah diri. Terlebih pasca bencana gempa bumi yang melanda beberapa waktu lalu. Nah, berbicara soal daya tarik wisata, Lombok memang tidak kalah dengan destinasi-destinasi wisata populer lainnya di Indonesia.

Ingin menikmati suasana pantai yang asri dan menenangkan? Wisatawan bisa menyambangi Pantai Sengigi, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, Pantai Selong Belanak, dan masih banyak lagi. Bagi para pencinta budaya, Lombok juga punya wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Rumah Adat Sade (Ende), menyaksikan langsung tradisi Bau Nyale (menangkap cacing di laut), atau melihat keseruan Perang Topat.

Nah, bagi para generasi milenial yang sedang keranjingan mencari spot instagramable, Lombok juga punya segudang spot selfie yang bisa Anda sambangi. Salah satunya adalah Gerbang Tembolaq. Gerbang megah ini terletak di perbatasan kota dan kabupaten Lombok Barat, tepatnya di jalur bypass, BIL II yang tersambung dengan jalur lingkar selatan.

Bentuk Gerbang Tembolaq memang terlihat unik yang dalam bahasa Sasak berarti Tudung Saji. Berdasarkan hasil penelusuran Okezone dari berbagai sumber, Minggu (10/2/2019), pembangunan gerbang ini merupakan ide Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh.

Tembolaq dipilih karena benda tersebut sudah akrab dengan masyarakat Mataram. Bentuknya terlihat megah dengan dominasi warna merah yang khas. Sebagai pemanis, Gerbang Tembolaq juga dihiasi benang berwarna-warni, sehingga menimbulkan sebuah pesan bahwa makanan yang tersimpan di bawahnya aman dari gangguan debu atau lalat. Pesan yang ingin disampaikan oleh Ahyar, adalah agar setiap orang yang datang ke ibu kota Mataram merasa aman, tenang, dan terlindungi.

Gerbang ini juga dilengkapi aspek kemanan yang sangat tinggi. Bilah-bilah baja sengaja dipasang untuk mengahalau terjangan angin yang kencang, mengingat di bawah gerbang akan banyak sekali kendaraan berkecepatan tinggi berlalu-lalang. 

Melihat bentuknya yang unik dan megah, tak heran jika kini Gerbang Tembolaq menjadi salah satu tempat favorit wisatawan. Jika diamati secara seksama, warna gerbang ini memang terlihat cantik dipandang mata seperti warna pelangi. Tak jauh dari gerbang ini juga sedang dibangun sebuah monumen yang nantinya akan menjadi ikon baru kota Mataram. Seorang pengguna twitter dengan user @ApriliaLin, sempat membagikan beberapa foto Gerbang Tembolaq yang ia klaim merupakan salah satu bukti kerja nyata pemerintahan Presiden Joko Widodo.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini