nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Ajari Bayi Usia 6-9 Bulan Minum Pakai Gelas

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 20:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 11 196 2016508 begini-cara-ajari-bayi-usia-6-9-bulan-minum-pakai-gelas-durSMVhOd2.jpg Bagaimana cara mengajari bayi belajar minum (Foto: Parents)

MENGAJARI bayi 6 bulan minum langsung dari gelas dengan mandiri bisa kok Moms. Ada satu jenis gelas yang tren disukai mama-mama milenial, disebut dengan sippy cup.

Sippy cup merupakan gelas tertutup yang memiliki bagian menonjol dan terdapat lubang di ujungnya. Si kecil harus diberi minum lewat sippy cup di masa transisi agar tidak terbiasa minum dengan botol dot.

Kalau Anda memanfaatkan sippy cup, pasti mengalami banyak keuntungan. Di samping membuat si kecil mandiri karena bisa minum sendiri, Anda juga bisa mengukur kebutuhan cairan yang dibutuhkan si kecil.

 BACA JUGA : Seberapa Penting Perawatan Esensial di Periode Emas Kehidupan Bayi?

Sementara itu, menurut American Academy of Pediatrics, si kecil dikatakan siap minum dari sippy cup mulai usia 6 dan 9 bulan. Lalu di atas 9 bulan, si kecil bisa langsung belajar minum dari botol dengan memakai sedotan.

Kalau Moms terbiasa memberikan minum dari sippy cup sejak dini, pastinya si kecil lebih tertarik minum. Apalagi kalau gelasnya berwarna terang yang sangat memikat perhatiannya.

Tapi yang mesti diingat, saat si kecil belajar minum dengan sippy cup, ada hal yang mesti Anda ingat. Dilansir Okezone dari Parents, Senin (11/2/2019), berikut ini 5 tipsnya yang bisa Anda tiru.

Pilih sippy cup yang menarik warnanya

Si kecil pasti suka dengan warna-warna terang, yang mana nantinya bakal jadi benda kesayangannya. Anda harus mengenalkan sippy cup yang mudah untuk latihan minum sendiri dan warnanya yang memikat. Seperti merah, kuning, biru terang, fuscia, dan sebagainya.

Pastikan si kecil bisa duduk tegak

Ketika Moms ingin memberikan sippy cup kepada si kecil, pastikan dia bisa duduk tegak. Lalu, ajari dia untuk terbiasa memegang sendiri. Sippy cup biasanya dimodifikasi dengan gagang untuk pegangan berukuran handy. Pastikan pula si kecil tidak coba menumpahkan air dari gelas mungil itu.

Ajari untuk menghisap air dari sippy cup

Setelah si kecil bisa duduk tegak, ajari dia untuk menghisap air dari sippy cup tersebut. Utus dia untuk memegang cangkir ke mulutnya dan meneteskan cairan ke bibirnya. Lepaskan penutup dari cangkirnya supaya tidak tumpah. Latih terus si kecil sampai terbiasa.

 

Jangan cuma kasih air putih saja

Jika si kecil latihan minum dari sippy cup, jangan cuma beri air putih saja. Anda bisa menggantinya dengan susu atau jus, yang jadi kesukannya. Pastikan kalau memberikan jus jangan yang banyak seratnya. Hal itu pasti menyumbat lubangnya dan mengganggu keluarnya cairan.

 BACA JUGA : Viral Bayi Makan Pakai Sumpit, Aksinya Menggemaskan

Jangan beri minum dari sippy cup saat si kecil tidur

Kalau lagi tidur, jangan paksa si kecil minum dari sippy cup. Pasti hal ini membuatnya tersedak, sampai berujung kepada hal yang berbahaya. Gantilah dengan botol dot biasa supaya si kecil tetap nyaman minum.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini