nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sama-Sama Udang, Ternyata Shrimps dan Prawns Berbeda Loh

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 02:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 11 298 2016496 sama-sama-udang-ternyata-shrimps-dan-prawns-berbeda-loh-d6Afmz99J0.jpg Prawns dan shrimps ternyata berbeda (Foto:Frozen)

SELAMA ini tidak bisa disangkal, kebanyakan orang menganggap bahwa yang namanya shrimp dan prawns, atau dengan kata lain udang itu adalah hasil makanan laut yang sama.

Sama-sama berbentuk udang seperti yang selama ini dikenal umum, hanya berbeda di aspek penyebutan nama saja. Jika frasa dalam bahasa Inggris versi Amerika disebut shrimps, sedangkan prawns adalah frasa ‘udang’ dalam versi bahasa Inggris- British.

Secara visual mungkin keduanya terlihat identik tetapi sebenarnya tidak. Walaupun keduanya adalah dekapoda, istilah laut untuk krustasea dengan sepuluh kaki, termasuk lobster, memiliki kerangka eksternal dan merupakan omnivora. Masing-masing, baik shrimps atau prawns juga memiliki ratusan spesies masing-masing yang dapat ditemukan dalam air asin dan air tawar.

 Holographic foil neon trend 80s abstract background. Pastel colored trendy abstract background

Kemudian apa perbedaan antara shrimps, udang kecil dan prawns si udang besar? Melansir Metro, Selasa (12/2/2019) berikut ini uraian singkat perbedaan antara shrimps dan prawns

 

Baca Juga:

Seperti Tamara Bleszynski, Mbak Ber-body Aduhai Ini Juga Jual Es Teh Manis

Jokowi Kaget, Omset Pisang Nugget Kaesang Kalahkan Bisnis Mebelnya

 

1. Latar belakang keluarga 

Shrimps dan prawns hadir dari latar belakang keluarga yang berbeda. Prawns disebutkan berasal dari subordo yang dikenal sebagai Dendrobranchiata, sedangkan shripms berasal dari subordo bernama Pleocyemata.

2. Beda ukuran

Secara ukuran, keseluruhan antara prawns dan shrimps memang berbeda. Prawns sesuai dengan arti harfiahnya, udang besar memiliki ukuran jauh lebih besar daripada shrimps. Namun karena ukuran yang lebih besar ini pula, prawns bentuknya tidak se-melengkung udang yang memang fleksible.

 

3. Struktur tubuh

Secara struktur tubuh, ternyata kedua ‘udang’ ini sangat berbeda. Prawns memiliki insang bercabang, serta kaki depan yang lebih panjang dan cakar pada tiga pasang kaki. Bagian penjepit belakang juga lebih besar dari yang depan. Sedangkan shrimps memiliki struktur insang pipih yang halus, dan lapisan bolak-balik, serta kaki depan lebih pendek dengan penjepit depan yang lebih besar.

 

4. Cara menyimpan telur

Prawns alias si udang besar menyimpan “bayi” alias telur-telurnya di dalam tubuhnya, tepatnya di dekat ekor. Berbeda dengan si udang kecil, shrimps yang membawa telur-telurnya di bagian luar tubuhnya dan ukuran telurnya pun memang lebih kecil.

5. Ketenaran

Secara umum, menurut situs Food & Wine, di dalam kultur pop si udang kecil alias shrimps dikatakan jauh lebih dikenal masyarakat umum ketimbang prawns yang tidak terlalu familiar. Contohnya, shrimps pada tahun 1984 disebutkan oleh Crocodile Dundee dalam sebuah iklan untuk pariwisata Australia dan munculnya frasa put a shrimp on the barbie ' yang menjadi eponim di benua Autsralia.

Barulah satu dekade kemudian, prawns ‘hadir’, salah satunya melalui film terkenal “Forrest Gump” di mana salah satu karakter yakni Bubba Blue dalam film tersebut mengklaim prawns sebagai “the fruit of the sea”.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini