nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Sayatan Operasi, Kanker & Tumor Payudara Menyusut berkat Teknologi Israel

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 13:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 11 481 2016253 tanpa-sayatan-operasi-kanker-tumor-payudara-menyusut-berkat-teknologi-israel-KFWGrlyuN7.jpg Israel Temukan Alat Penyembuhan Kanker dan Tumor (Foto: Timesofisrael)

HINGGA saat ini, kanker masih menjadi momok kematian utama di seluruh dunia. Oleh karenanya, para ahli terus berusaha menemukan cara untuk menyembuhkan penyakit ganas tersebut. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, cara pengobatan kanker terus berinovasi.

Beberapa waktu lalu, perusahaan asal Israel yaitu IceCure Medical Ltd mengklaim alat temuannya dapat mengeliminasi tumor. Menurut perusahaan, alat ini bisa membantu melawan tumor tanpa nyeri dan membantu mengurangi biaya pengobatan. Dari percobaan, pasien yang melakukan perawatan menggunakan alat yang menggunakan sistem teknologi IceSense3 itu menunjukkan tingkat kekambuhan kanker yang rendah.

Uji coba IceCure dilakukan di 18 klinik di Amerika Serikat terhadap 146 pasien dengan kanker payudara berisiko rendah. Sebanyak 76% pasien dapat kembali ke aktivitas harian penuh hanya dalam waktu 48 jam. Selain itu, 95% pasien dan dokter mengaku puas dengan hasil perawatan. Hanya 1 orang pasien yang kankernya kembali kambuh.

Baca juga :

Alat ini telah diuji coba di Rumah Sakit Elisha, Israel menggunakan sistem ProSense startup. Bagi pasien yang hendak melakukan pengobatan dengan IceCure, mereka hanya butuh waktu 20 - 40 menit untuk perawatan tanpa operasi. Lantas bagaimana cara kerja alat ini?

Melansir Times Of Israel, Senin (11/2/2019) perawatan ProSense dilakukan dengan menggunakan USG atau pencitraan CT untuk memandu penyelidikan kecil yang dilakukan oleh jarum berongga tipis. Jarum itu akan masuk ke tumor kemudian sistem menyemprotkan nitrogen cair melalui jarum untuk menciptakan suhu yang sangat dingin. Cairan tersebut dikatakan dapat menghancurkan atau mengempiskan tumor yang ditargetkan tanpa memengaruhi jaringan sehat di sekitarnya. Setelah penyemprotan selesai dilakukan, pasien dapat kembali beraktivitas.

Di sisi lain, perawatan ini tidak meninggalkan bekas luka atau perubahan pada penampilan. Dengan begitu, pasien tidak perlu merasa khawatir. Menurut para penemu alat, IceCure merupakan jawaban untuk alternatif pengobatan kanker karena teknologi pembekuannya dan hasil terbaik bagi para pasien. Ke depannya, alat ini diproyeksikan untuk mengatasi kanker payudara, paru-paru, tulang, ginjal, dan hati.

(ren)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini