nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ulang Tahun Bisa Saja Hari Terakhir Anda Hidup, Waspadalah!

Romeldo Christian, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 03:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 196 2016796 hari-ulang-tahun-bisa-saja-hari-terakhir-anda-hidup-waspadalah-qw8Zdjk0ed.jpg Rayakan Hari Ulang Tahun (Foto: Pixabay)

Satu dari 365 hari adalah waktu kelahiran Anda. Pastinya Anda menantikan hari ulang tahun karena ingin merasakan pengalaman lain pada usia baru. Tapi, yakinkah bila perayaan serta ucapan dari kerabat tentang hari jadi Anda akan berjalan lancar? Faktanya bahwa setiap orang punya kesempatan untuk berpulang di hari kelahiran, termasuk Anda.

Fenomena ini sudah terjadi pada beberapa orang ternama. Dikutip dari Time pada Rabu, (13/2/2019), sebut saja penyair William Shakespeare yang lahir dan meninggal di tanggal yang sama, yakni pada 23 April. Aktris Ingrid Bergman jugameninggal pada 29 Agustus. Kedengarannya mengerikan, tetapi penelitian saja sudah melakukan riset pada lebih dari 2 juta orang di dunia selama lebih dari dua dekade. Pasalnya bahwa manusia akan lebih rentan meninggal pada waktu ulang tahun ketimbang di hari lain.

Baca juga :

Studi yang dipublikasikan oleh jurnal Annals of Epidemiology atau Sejarah Epidemiologi membeberkan fakta bahwa orang yang berusia di atas 60 tahun punya kesempatan sebesar 14 persen untuk meninggal pada tanggal kelahirannya dibandingkan dengan hari umumnya. Penyebab kematiannya bisa dibilang secara alamiah. Misalnya saja, 18,6 persen terserang penyakit jantung. Stroke juga bisa mengintai pada hari bahagia Anda sebesar 21,5 persen. 34,9 persen orang berusia lanjut akan memilih untuk bunuh diri, dan 44 persen orang akan terjun pada jurang kematian karena depresi karena jatuhnya taraf kehidupan mereka.

Psikologis Richard Wiseman dari Universitas Hertfordshire, Inggris, mengatakan, “Ada dua penyebab (orang bisa meninggal saat ulang tahun). Pertama, Anda memaksakan diri untuk makan sebanyak-banyaknya hingga muncul gejala atau penyakit semacamnya yang menjadi penyebab kematian. Penyebab lainnya adalah efek plasebo. Anda berada di ujung tanduk bahwa ingin sekali menyudahi hidup, tapi menunggu hingga hari ulang tahun. Ketika hari itu tiba, Anda berpikir ‘Sudahlah, waktunya saya pergi’.” Hati-hati bagi Anda di luar sana. Jangan sampai waktu bahagia menjadi hari terakhir di dunia ini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini