nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Pelihara Hewan

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 16:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 12 196 2016886 7-hal-yang-harus-diperhatikan-jika-ingin-pelihara-hewan-GnZ4g9BGDX.jpg Ilustrasi (Foto: Aspca)

MEMILIKI hewan peliharaan bagi sejumlah orang adalah hal yang menyenangkan. Adanya hewan peliharaan dapat membantu menghilangkan stres dan menjadi teman. Meskipun begitu, hewan peliharaan tidak lantas dirawat ala kadarnya. Pemilik hewan harus memenuhi hak-hak tertentu.

"Sekarang ini sudah diberlakukan namanya kesejahteraan hewan. Hak-hak hewan harus dipenuhi, ada yang namanya 5 kebebasan hewan. Hewan itu harus dibebaskan terhadap haus dan lapar, bebas untuk tampil dengan sikap normal jadi, tidak boleh dipaksa harus seperti manusia, bebas dari gangguan sehingga bisa beristirahat dengan baik, bebas dari penderitaan, luka, dan penyakit, serta bebas dari rasa takut dan stres," ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, drh. Muhammad Munawaroh, MM.

 Baca Juga: Ada-Ada Saja! Siswa Ini Terciduk Guru Usai Kesurupan Valentino Rossi

Ditemui Okezone dalam acara konferensi pers 'Jakarta Indonesia Pet Show (JIPS) 2019', Selasa (12/2/2019) di Jakarta, drh. Munawaroh mengatakan pemerintah dan masyarakat harus mensosialisasikan cara yang tepat dan baik memelihara hewan. Salah satunya melalui acara JIPS yang merupakan wadah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan pencinta hewan. Pameran akan berlangsung selama 3 hari tepatnya 22-24 Februari 2019 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Selain memberikan edukasi tentang cara memelihara hewan yang baik, sekarang kita juga mulai mengganti sebutan hewan peliharaan menjadi hewan kesayangan atau hewan hobi," tambah drh. Munawaroh.

Sementara itu, dalam memelihara hewan ada hal yang harus diperhatikan. Dikatakan oleh drh. Munawaroh, setiap orang yang ingin memelihara hewan wajib hukumnya mengenal dokter hewan.

"Hanya dokter hewan yang bisa ditanyai tentang kesehatan hewan. Dokter hewan bisa memberikan petunjuk tentang hal-hal yang harus dilakukan ketika hendak memelihara hewan," imbuhnya.

 Baca Juga: Tiba di Indonesia, Miss World 2018 Vanessa Ponce Akui Orang Indonesia Ramah-Ramah

Kemudian, hewan juga harus divaksin untuk memproteksi agar tidak terkena penyakit yang berbahaya. Tak sampai di situ, hewan harus diberikan obat cacing 3-4 bulan sekali. Obat cacing yang diberikan harus khusus hewan karena jenis cacingnya berbeda.

"Lakukan kontrol ke dokter hewan setiap 1-2 bulan sekali. Untuk hewan berbulu seperti anjing dan kucing harus digrooming atau dimandikan supaya tidak terkena penyakit jamur, kulit, dan parasit," jelas drh. Munawaroh.

Selanjutnya, hewan harus diberikan makanan yang sesuai serta tempat khusus untuk tidur dan buang air. Dengan begitu hewan menjadi sejahtera.

"Terakhir, jangan lupa hewan setiap hari harus disentuh, diajak omong. Biarpun tidak bisa komunikasi dua arah tapi mereka mengerti," pungkas drh. Munawaroh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini