nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Isu 'Blackface', Lini Fesyen Katy Perry Tarik Peredaran Produk Sepatu

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 17:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 194 2017455 terkait-isu-blackface-lini-fesyen-katy-perry-tarik-peredaran-produk-sepatu-9j1cum0X01.jpg Produk sepatu Katy Perry (Foto: Dillards)

ISU perihal ‘Blackface’ tengah kencang bergulir di dunia industri fesyen belakangan ini. Seperti yang sudah banyak diberitakan sebelumnya, rumah mode mewah kenamaan dunia, Gucci diketahui baru saja harus menarik produk polo neck jumper warna hitamnya dari pasar setelah dikecam netizen sebab dinilai menyerupai tampilan wajah orang berkulit hitam.

Menyusul Gucci, kini giliran lini fesyen milik penyanyi terkenal, Katy Perry yang mengalami kejadian serupa. Jika Gucci harus menarik peredaran produk busana polo jumpernya, lini fesyen Katy Perry seperti diberitakan media outlet TMZ, menarik peredaran produk sepatunya dari pasaran menyusul kekhawatiran bahwa alas kaki itu tampak menyerupai wajah hitam, alias blackface, sebagaimana dilapor Foxnews, Rabu (13/2/2019).

 Baca Juga: Miss Indonesia 2018 dan Miss World 2018 Sambangi Korban Gempa Lombok

Produk alas kaki yang ditarik peredarannya dari pasaran ini ialah alas kaki model loafers, "Rue Face Slip On Loafers" dan sandal bernama "Ora Face Block Heel Sandals,” dengan varian warna hitam, emas, dan beige yang mana tampilan desainnya menampilkan gambar wajah di bagian atas sepatu lengkap dengan emblem gambar bibir berwarna merah.

Terkait penarikan produk ini, sebuah sumber yang terhubung dengan Katy Perry mengonfirmasi pada TMZ bahwa memang betul barang-barang sedang dihapus dari penjualan, terkait ramainya reaksi di dunia online. Namun sejauh ini belum terlalu jelas apakah seluruh koleksi yang akan ditarik dari peredaran, ataukah hanya barang-barang tertentu saja.

 

“Dalam rangka menghormati dan peka terhadap situasi, tim sedang dalam proses menarik sepatu," ujar sang sumber.

 Baca Juga: Uniknya Batik Cikadu hingga Miniatur Badak, Souvenir Khas Banten

Kritik pedas memang mengalir pada produk sepatu Rue Face Slip On Loafers" dan "Ora Face Block Heel Sandals keluaran lini fesyen Katy Perry ini di media sosial. Seperti salah satu contohnya, di mana netizen menyebutkan bahwa sepatu tersebut bukanlah merupakan ‘statement” dalam fesyen, sedangkan yang lain mempertanyakan keseriusan Katy Perry dalam mengeluarkan produk di lini fesyennya. Bahkan ada juga netizen yang mengutarakan bahwa pada dasarnya, desain sepatu tersebut sudah sangat jelek.

 

Sementara itu, sejauh ini diketahui pihak perwakilan resmi dari lini fesyen Katy Perru belum dapat segera memberikan komentar lebih jelas.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini