nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucunya Koleksi Doraemon X Ivan Gunawan Bertajuk Kuroba, Balik Nostalgia Masa Kecil

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 01:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 194 2017612 lucunya-koleksi-doraemon-x-ivan-gunawan-bertajuk-kuroba-balik-nostalgia-masa-kecil-LJ1inqcg9F.jfif Busana rancangan Ivan Gunawan di Modo 2019 (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan tokoh kartun dari Tv seri animasi Jepang, Doraemon. Nah, untuk pertama kalinya di Indonesia, Modo (Mode Doraemon) 2019 hadir dan diselenggarakan di Atrium Grand Indonesia, Jakarta Pusat, pada 13-14 Februari 2019.

Menurut pengakuan Helena Irma K. Tegoeh, selaku Direktur AI Indonesia, penyelenggaraan acara ini tidak terlepas dari fakta bahwa masyarakat Indonesia memang sangat mencintai karakter kartun asal Jepang tersebut. Bahkan robot kucing ini masih memiliki penggemar setia yang mengikutinya sejak pertama kali diperkenalkan hingga sekarang.

 

“Seiring dengan perkembangan dunia mode yang semakin pesat, membuat kami terdorong untuk memperkenalkan Doraemon pada level high fashion yang membidik pasar high teens dan young adults,” tutur Helena.

 Baca Juga: 4 Potret Penampilan Ibu-Ibu Pejabat ala Arumi Bachsin, Cantik dan Santun

Gelaran Modo 2019 ini nantinya akan menampilkan kolaborasi karakter Doraemon dengan perancang-perancang busana Indonesia. Acara pembukaannya sendiri ditandai dengan peragaan perdana 30 set koleksi rancangan Ivan Gunawan yang terdiri dari 25 busana wanita dan lima busana pria.

 

Untuk presentasi koleksi, Ivan Gunawan membagi dua karakter busana yang ditampilkannya. Pada sesi pertama karakter Doraemon diinfuskan secara logis dalam bentuk siluet Doraemon dan kawan-kawan menjadi motif bahan yang dicetak khusus.

Dari bahan bermotif karakter menjelma bentuk dan potongan-potongan busana baru yang lurus, longgar, dan bertumpuk dalam gaya khas harajuku yang edgy. Bahan yang digunakan beragam, mulai dari katun, hingga mika. Warna nude, hitam, dan putih menjadi penanda kuat dari koleksi ini.

 

Pada sesi paruh kedua koleksi, karakter Doraemon tersublim menjadi bentuk yang lebih halus dan lebih membutuhkan rasa hati yang kuat dalam menikmatinya. Busana yang ditampilkan dalam desain yang lebih sophisticated, elegant dan clean, yang merupakan jiwa rancangan Ivan Gunawan selama ini.

Presentasi koleksi didominasi tekstil polos modern, seperti mikado, brokat, velvet, tulle hingga netting dalam hitam dan putih. Ciri khas Doraemon dimunculkan dalam bentuk topi dengan baling-baling, dan lonceng yang memudahkan orang untuk menikmati karya Ivan yang lebih halus.

 

 Baca Juga: Terkait Isu 'Blackface', Lini Fesyen Katy Perry Tarik Peredaran Produk Sepatu

Dalam kesempatan kali ini, Ivan berkolaborasi dengan desainer aksesori berkelas dunia, Rinaldy Yunardi, demi menjadi aksesori busana sebagai benang merah koleksi, serta menggunakan kacamata dari Optik Seis untuk melengkapi koleksi busananya.

“Saya menamai koleksi ini “Kuroba” (sayap hitam), yang merupakan interpretasi saya terhadap tokoh Doraemon yang saya cintai sejak kecil. Tergenggam harapan sayap ini membawa Doraemon ke jenjang yang lebih tinggi. Doraemon dengan aroma mapan, elegan, dan mewah yang sejalan dengan karakter desan saya, tanpa kehilangan kenangan masa kecil yang lekat di dalamnya,” tutur Ivan di sela-sela acara.

 

Selembar jubah megah dan mewah bermotif kepala-kepala tokoh Doraemon, Shizuka, dan Nobita yang dibordirkan di sekujur outer dengan bahan keemasan, menutup peragaan. Dari kejauhan tampak mirip Gofuku, bahan sutera yang digunakan untuk membuat kimono tradisional Jepang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini