nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tips Balikan Sama Mantan biar Valentine Enggak Sendirian

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 12:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 196 2017232 7-tips-balikan-sama-mantan-biar-valentine-enggak-sendirian-Izj0jJZNSP.jpg Gimana sih caranya balikan sama mantan? (Foto: Cosmopolitan)

PERAYAAN hari Valentine atau hari kasih sayang jatuh sebentar lagi, yaitu pada 14 Februari. Biasanya, perayaan ini dihabiskan dengan orang-orang tersayang, pacar misalnya.

Nah, namun apa jadinya jika kamu baru saja putus sama pacar? Mau nggak mau, kamu harus melewati hari kasih sayang ini sendirian. Tapi biar hari Valentine nggak sendirian, apa salahnya coba ngajak mantan balikan?

Eits, tapi nggak sembarangan langkah bisa kamu ambil saat berusaha berbaikan dengan mantan lho! Dilansir dari laman Cosmopolitan, berikut cara-cara yang tepat untuk kembali memulai hubungan yang sempat terputus dengan mantanmu.

 BACA JUGA : 7 Destinasi Liburan Seru ala Travel Blogger Febrian

1. Beri ruang untuk si dia

Setelah putus dengan mantanmu, berilah waktu dan ruang untuk mereka. Menurut Dr. Mariana Bockarova, Ph.D., seorang dosen psikologi hubungan di University of Toronto, tidak ada waktu yang pasti untuk menunggu, namun pastikan kalian berdua sudah punya waktu luang yang cukup untuk sama-sama berpikir.

2. Tahan omongan buruk tentang mantanmu

Biasanya, setelah melewati masa-masa putus yang menyakitkan, rasanya sulit untuk menjalin hubungan yang baik-baik saja dengan sang mantan. Malah tak jarang, orang sering berkata buruk tentang mantannya. Hayo ngaku, kamu pernah nggak?

Nah meski begitu, menurut Dr. Mariana, jika kamu memang ingin rujuk kembali, jangan menyimpan dendam pada mantanmu, jangan menyebar kata-kata kebencian tyentang mantanmu.

“Coba posisikan dirimu pada tempat mantanmu. Apakah kamu mau jika ada seseorang berkata buruk tentangmu, menulis pesan sindiran, atau mengungkap rahasia-rahasiamu?” ujarnya.

Selain itu, pada dasarnya, menyebarkan rahasia pribadi seseorang (apalagi mantan) merupakan suatu tindakan yang buruk, padahal mereka memberitahu rahasia tersebut atas dasar rasa percaya.

 

3. Ubah hidupmu terlebih dahulu

Setelah putus dengan mantan, kamu mungkin akan merasa kesepian, apalagi ketika malam minggu atau malam-malam lain yang biasa kalian habiskan bersama.

Tapi, dengan memiliki waktu sendiri, kamu jadi bisa belajar lebih mencintai diri sendiri, yang merupakan suatu proses penting apabila kamu ingin balikan dengan mantan. Dr. Mariana menyarankan untuk mencari banyak teman dan hobi baru serta selalu mengisi hari dengan kebahagiaan agar kamu bisa lebih mencintai diri sendiri.

Setelah kamu berhasil terbiasa sendiri, pada saat itulah kamu akan mengetahui apakah sebenarnya kamu menginginkan hubungan itu kembali.

“Terkadang orang merindukan mantannya hanya karena merasa kesepian atau karena iri dengan hubungan orang lain. Tapi jika kamu merindukan mantanmu saat merasa bahagia, berarti kamu benar-benar menginginkannya kembali,” ujarnya.

4. Perbaiki masalah antara kalian

Ketika kamu sudah yakin bahwa kamu memang merindukan sang mantan dan ingin balikan, kamu harus ketahui dulu: apakah masalah di antara kalian bisa diperbaiki?

“Jika alasanmu putus karena sesuatu seperti LDR, maka kemungkinan masalah itu masih bisa diperbaiki dengan adanya pengorbanan dari salah satu pihak,” ujar Dr. Mariana.

Namun, menurut Dr. Mariana, apabila penyebab putusnya hubungan kalian adalah sesuatu yang lebih besar seperti rencana masa depan, maka kemungkinannya lebih sulit.

 

5. Lakukan pendekatan yang tepat

Setelah memastikan bahwa sang mantan belum memiliki pacar baru, ini saatnya untuk membuka omongan. Mungkin akan terasa canggung atau bahkan kamu memiliki gengsi yang tinggi untuk melakukannya, namun membuka omongan adalah suatu hal yang penting jika ingin memulai hubungan kembali.

Jika hubunganmu sudah berjalan lama, Dr. Mariana menyarankan agar kamu lebih jujur dan terbuka, mengatakan sesuatu seperti kata-kata rindu atau keinginanmu untuk bertemunya. Namun jika hubunganmu belum terlalu lama, Dr. Mariana menyarankan cara sesimpel mungkin seperti mengajak mereka hang out pada waktu luang.

6. Buat situasi sekasual mungkin

Setelah berhasil bertemu dengan sang mantan, ada baiknya kamu berusaha sekasual mungkin, agar mantanmu tidak merasa tertekan dengan situasi yang ada. Lalu, menurut Dr. Mariana, selesaikan masalah antara kalian, mulai dengan permintaan maaf atau klarifikasi.

 BACA JUGA : 4 Zodiak Ini Tak Suka Rayakan Valentine, Pacarmu Termasuk Gak?

7. Tunjukkan kamu serius

Jika kamu sudah berhasil balikan dengan mantan, kamu harus benar-benar berusaha keras memperbaiki kesalahan yang dulu pernah ada untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar serius pada kesempatan kedua ini. Walaupun akan butuh waktu untuk membangun kembali rasa percaya, namun ini waktu yang tepat untuk memperdalam hubungan kalian.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini